Home » Info » Desa » Perbedaan RT dan RW dengan Tabel Perbandingan

Perbedaan RT dan RW dengan Tabel Perbandingan

Kita sering kali mendengar maupun mengucap kata RT dan RW di kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah apa saja perbedaan RT dan RW ini?

Sebelum membahas perbedaan RT dan RW, mungkin ada baiknya kita mengulas sedikit definisi dari kedua istilah tersebut. Kita mulai dari RT terlebih dahulu.

Pengertian RT dan RW

Dilansir dari Wikipedia, RT atau Rukun Tetangga merupakan pembagian wilayah di Indonesia di bawah Rukun Warga. Singkatnya, RT adalah pembagian wilayah di bawah RW.

Sedangkan RW, merupakan lembaga masyarakat yang diakui dan dibina oleh pemerintah yang terdiri dari beberapa RT dalam suatu desa atau kelurahan.

Baik RT maupun RW, keduanya memiliki tugas yang serupa. Hal itu berdasarkan Permendagri No.18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Baca juga: Tugas RT Menurut Undang-Undang dan Gajinya

RT dan RW keduanya termasuk dalam LKD atau Lembaga Kemasyarakatan Desa. Selain RT dan RW, contoh LKD lainnya adalah karang taruna, posyandu, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

Kembali ke topik pembahasan RT dan RW. RT maupun RW merupakan organisasi yang paling dekat dengan masyarakat. Keduanya tahu persis bagaimana masyarakat menjalani kehidupan sehari-harinya.

Baca juga: RW adalah − Inilah Pengertian, Tugas, Fungsi, dan Gajinya

Struktur Organisasi RT dan RW

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa RT dan RW merupakan bagian dari LKD. Struktur LKD sendiri telah diatur dengan Permendagri No.18 Tahun 2018, yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan bidang sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan hal tersebut, struktur organisasi RT dan RW tidak memiliki perbedaan, dimana terdiri atas ketua RT/RW, sekretaris RT/RW, bendahara RT/RW, dan bidang pendukung RT/RW.

Pembentukan RT dan RW

Proses pembentukan RT dan RW pun sama. Keduanya dibentuk melalui proses musyawarah. Walaupun demikian, tetap ada perbedaannya.

RT dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh kepala desa atau lurah.

Sedangkan RW, dibentuk melalui musyawarah pengurus RT di wilayah kerjanya yang ditetapkan oleh kepala desa atau lurah.

Anggota RT dan RW

Secara keanggotaan tentu juga berbeda, dimana RT beranggotakan KK sedangkan RW beranggotakan RT.

Dilansir dari Wikipedia, setiap satu RT setidaknya ada sekitar 30 hingga 50 KK. Kemudian, untuk setiap satu RW, minimal terdiri dari 3 RT dan sebanyak-banyaknya 10 RT.

Perbedaan RT dan RW

Dari pembahasan beberapa topik seputar RT dan RW di atas, kita bisa menyimpulkan beberapa perbedaan antara RT dan RW. Adapun perbedaannya terlihat pada tabel perbandingan berikut ini.

perbedaan rt dan rw
Tabel perbandingan perbedaan RT dan RW

Penutup

Itulah pembahasan terkait perbedaan antara RT dan RW, yang meliputi:

  1. pengertian rt dan rw;
  2. struktur organisasi rt dan rw;
  3. pembentukan rt dan rw;
  4. anggota rt dan rw; dan
  5. tabel perbandingan rt dan rw.

Demikian pembahasan kali ini mengenai perbedaan RT dan RW. Semoga poin-poin di atas bisa memberikan satu-dua manfaat untuk Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment