Home » Info » Sekolah » Cara Mengecek NISN Siswa SD, SMP, dan SMA/SMK, Mudah!

Cara Mengecek NISN Siswa SD, SMP, dan SMA/SMK, Mudah!

Menjelang pendaftaran sekolah maupun seleksi perguruan tinggi, tidak sedikit orang tua maupun siswa yang mulai mencari cara mengecek NISN siswa SD, SMP, maupun SMA sederajat.

Mengapa? Ya karena memang lupa dengan nomor penting tersebut. NISN, Nomor Induk Siswa Nasional, bisa dikatakan sebagai identitas unik seorang siswa.

Sebenarnya tidak hanya sekolah yang sudah disebutkan tadi saja yang siswanya memiliki NISN. Sekolah-sekolah yang berbasiskan islam seperti MI, MTs, dan MA pun juga memilikinya.

Nah, bagaimana ya langkah-langkah untuk mengecek berapa NISN siswa SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA? Silakan simak pembahasan berikut hingga selesai.

Cara Mengecek NISN Siswa SD, SMP, SMA Sederajat

Pengecekan NISN dapat dilakukan melalui website resmi Kemdikbud. Namun, agar dapat melakukan pengecekan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti:

  • nama siswa;
  • tempat dan tanggal lahir siswa; dan
  • nama ibu kandung.

Jika semua sudah siap, silakan lanjutkan proses pengecekan NISN dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi web browser, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  2. Kemudian, copy-pastekan alamat berikut pada bagian address bar/kotak URL: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama
  3. Isikan nama siswa, tempat dan tanggal lahir siswa, serta nama ibu kandung siswa pada kolom yang tersedia.
  4. Klik pada kotak reCaptcha atau I’m not a robot/Saya bukan robot untuk memberikan ceklis.
  5. Klik tombol Cari Data agar sistem melakukan pencarian.
  6. Data siswa berupa yang sudah diketikkan tadi, jenis kelamin, dan status keaktifannya akan muncul di sebelah kanan layar.

Seperti itulah caranya untuk mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara online melalui website resmi Kemdikbud. Apakah valid dan asli? Tentu saja, karena bersumber dari Website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cara mengecek NISN Siswa SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Bagaimana menurut Anda?

Tampilan Halaman Situs Pengecek NISN

Jika Anda penasaran dengan tampilan situs atau website yang dimaksud pada panduan singkat di atas, silakan lihat pada gambar di bawah ini.

website pengecek nisn siswa sd smp sma smk
Tampilan website resmi pengecek NISN

Sesuai dengan panduan di atas, kolom isian yang tersedia perlu dilengkapi sesuai dengan data yang valid. Jika data tidak valid, tidak benar, atau mungkin diinput secara sembarang, maka hasilnya tidak akan ditemukan.

Jika semua data yang diinput valid dan sesuai dengan kolom-kolomnya, sistem akan menampilkan data siswa berupa NISN, nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, serta status keaktifan.

cara mengetahui nisn siswa sd smp sma smk
Hasil pengecekan NISN

Baca juga: Tugas OSIS, Struktur Organisasi, dan Pengalaman Menjadi Pengurus

Penutup

Sebelum menutup, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan, yakni NISN dengan NIS itu tidaklah sama. NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Sedangkan NIS adalah Nomor Induk Siswa.

Adakah perbedaan lainnya? Tentu saja ada. Namun, perbedaan NIS dan NISN ini akan kita bahas di artikel lainnya.

Itulah pembahasan singkat, mudah, dan padat bagaimana cara mengecek NISN siswa SD, SMP, SMA, maupun tingkatan sederajatnya. Semoga panduan di atas mudah dipahami, diikuti, dan bisa membantu Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment