Home » Info » Sekolah » NRKS (Nomor Registrasi Kepala Sekolah) − Ini Cara Ceknya

NRKS (Nomor Registrasi Kepala Sekolah) − Ini Cara Ceknya

Jika bapak/ibu merupakan seorang kepala sekolah, mengetahui NRKS adalah sebuah kewajiban. Sebab, istilah tersebut merupakan pengganti istilah NUKS.

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan Nomor Registrasi Kepala Sekolah? Dan apa manfaat dari NRKS ini?

Apa itu NRKS?

Sejak tahun 2020, istilah NUKS atau Nomor Unik Kepala Sekolah tidak lagi digunakan. Sebagai gantinya, maka digunakanlah istilah NRKS atau Nomor Registrasi Kepala Sekolah.

Namun, NRKS ini baru diberikan kepada kepala sekolah yang telah mengikuti diklat (pendidikan dan pelatihan) Penguatan Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah dan dinyatakan lulus.

Nomor Registrasi Kepala Sekolah tersebut diberikan oleh Kemendikbud melalui LPPKSPS atau Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa NRKS adalah nomor unik yang berfungsi sebagai identitas kepala sekolah yang diberikan oleh LPPKSPS setelah dinyatakan lulus dalam pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan olehnya.

Nah, pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengecek Nomor Registrasi Kepala Sekolah yang sudah diberikan tersebut? Caranya adalah dengan melalui SIM NRKS atau Sistem Informasi Nomor Regitrasi Kepala Sekolah.

Bagaimana cara mengeceknya? Silakan ikuti terus pembahasan pada artikel ini.

Cara Mengecek NRKS

Mengecek Nomor Registrasi Kepala Sekolah caranya cukup mudah. Ada beberapa langkah saja yang perlu dilakukan.

  1. Kunjungi situs resmi SIM NRKS di alamat http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp.
  2. Klik tombol Cari STTPP untuk mulai melakukan pencarian.
  3. Masukkan nama, NIP, atau NUPTK pada kolom yang tersedia dan pilih wilayahnya.
  4. Klik tombol Cari Sekarang agar sistem melakukan pencarian data.
  5. Informasi NRKS bapak/ibu akan tampil dalam bentuk tabel di layar.

Bagaimana menurut bapak/ibu? Cukup mudah bukan caranya? Jika dihitung waktunya, hanya memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Apalagi, jika data yang ingin dicari sudah dipersiapkan sebelumnya, pasti bisa lebih cepat lagi.

Namun, jika bapak/ibu merasa belum cukup jelas dengan panduan singkat di atas, berikut kami sajikan panduan lengkapnya dengan disertai gambar pendukung.

Panduan Cara Cek NRKS

1. Buka aplikasi web browser, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Kemudian, copy-pastekan alamat http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp pada address bar/kotak URL/kotak link web browser, kemudian tekan enter. Bapak/ibu akan melihat tampilan seperti berikut.

cara mengecek nrks
Situs resmi SIM NRKS

2. Klik tombol Cari STTPP berwarna oranye dan bapak/ibu akan melihat tampilan sebuah form atau isian seperti pada gambar berikut ini.

cara cek nrks
Form isian pada SIM NRKS

3. Masukkan nama, NIP, atau NUPTK pada kolom yang tersedia. Kemudian, jangan lupa untuk memilih wilayahnya dengan mengklik Pilih Berdasarkan Wilayah.

4. Klik tombol Cari Sekarang untuk melakukan pencarian berdasarkan filter atau isian yang bapak/ibu masukkan. Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai melakukan pencarian.

5. Informasi NRKS tampil di hadapan bapak/ibu seperti pada gambar berikut ini.

cara melihat nrks
NRKS yang tampil pada SIM NRKS

Apa manfaat dari NRKS Ini?

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa NRKS ini merupakan nomor unik sehingga nomor bapak/ibu tidak mungkin sama dengan yang lainnya.

Itu artinya, Nomor Registrasi Kepala Sekolah berfungsi sebagai nomor identitas resmi bapak/ibu sebagai seorang kepala sekolah. Di samping juga tercatat secara resmi di dunia pendidikan nasional.

Catatan Penting

Sistem Informasi Nomor Registrasi Kepala Sekolah (SIM NRKS) hanya berfungsi untuk melakukan pengecekan saja sehingga tidak bisa dilakukan untuk mengupdate data.

Jika dirasa bapak/ibu membutuhkan update data tertentu, SIM NRKS menganjurkan bapak/ibu untuk mengupdate data melalui dapodik. Ketentuan ini masih berlaku sampai tulisan ini dipublikasikan pada 25 Mei 2022.

Baca juga: Tugas Wali Kelas Menurut Permendikbud No. 15 Tahun 2018

Penutup

Sekian pembahasan kali ini mengenai NRKS sebagai pengganti istilah NUKS. Semoga panduan di atas bisa sedikit menjawab kebingungan bapak/ibu perihal bagaimana mengecek Nomor Registrasi Kepala Sekolah milik bapak/ibu sendiri.

Share yuk, ke:

Leave a Comment