Yang Termasuk Tipe Data dalam Excel Adalah?

Ada satu contoh soal; yang termasuk tipe data dalam excel adalah? Kemudian ada beberapa pilihan yang disajikan. Manakah jawaban yang tepat dari semua pilihan yang ada?

Pilihan-pilihan tersebut di antaranya, (a) Character, Numeric, Formula; (b) Character, Angka, Formula; (c) Fungsi statistic, String, Logical; (d) Character, Numeric, Angka; dan (e) Numeric, Character, Huruf/teks.

Yang termasuk tipe data dalam Excel adalah?

Jawabannya, (c) Fungsi statistic, String, Logical. Mengapa jawabannya itu? Karena pada opsi lainnya ada yang bukan merupakan tipe data pada Microsoft Excel dan ada pula yang punya kesamaan. Memang apa saja tipe data yang ada pada Excel?

Ada empat tipe data pada Microsoft Excel yang perlu diketahui. Di antaranya yaitu tipe data Labels, Values, Boolean, dan Formulas.

1. Labels

Labels merupakan tipe data Excel yang digunakan untuk menampung teks, seperti nama seseorang, nama bulan, dan lainnya yang mengandung huruf alpabet. Walaupun secara fungsi dasar Excel merupakan aplikasi pengolah angka, namun ia juga dapat mengolah data teks.

Contohnya seperti penambahan, pengurangan, dan penggabungan antara teks satu dengan teks lainnya secara otomatis, cepat, dan mudah. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan juga tepat.

Dalam opsi jawaban (b) pada soal di atas, labels diartikan sebagai string. String juga dapat diartikan sebagai kumpulan kata yang menjadi suatu kalimat.

2. Values

Values merupakan tipe data Excel yang digunakan untuk menampung data berupa angka seperti nomor, uang, dan tanggal. Salah satu contoh pemanfaatan tipe data ini adalah untuk penomoran otomatis di Excel. Jika tipe datanya bukan values, maka penomoran tersebut tidak bisa dilakukan.

Dalam opsi jawaban lainnya (selain b), values diartikan sebagai numeric atau angka. Memilih opsi yang ada numeric atau angkanya tidak mungkin. Sebab, pilihannya tidak hanya satu opsi saja. Padahal, hanya ada satu jawaban yang benar.

3. Boolean

Boolean merupakan tipe data Excel yang menampilkan nilai berupa true atau false. True atau false ini dapat dikatakan sebagai hasil dari suatu fungsi logical. Sehingga pilihan jawaban yang paling tepat sampai saat ini yaitu (b) dimana terdapat String (tipe data values) dan Logical (tipe data boolean).

4. Formula

Formula merupakan tipe data Excel yang menampung fungsi Excel untuk melakukan perhitungan suatu data. Adanya formula atau fungsi ini mempercepat proses perhitungan maupun pengolahan data. Sehingga, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan lebih efisien. Tipe data formula ini juga terdapat pada opsi jawaban (b).

Jadi, kesimpulannya, yang termasuk tipe data dalam Excel adalah Fungsi statistic, String, dan Logical. Pada opsi lainnya memuat tipe data lebih dari satu atau sama dengan opsi lainnya juga sehingga tidak mungkin dipilih.

Sekian jawaban beserta penjelasan singkat AneIqbal kali ini terkait tipe data Excel. Semoga bisa sedikit menambah pengetahuan sekaligus menjawab pertanyaan Anda.

 

Leave a Comment