Megahnya Taman Wisata Benteng Van der Wijck Gombong

Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Taman Wisata Benteng Van der Wijck.

Taman Wisata Benteng Van der Wijck berada di kota Gombong, kabupaten Kebumen, sekitar 300 – 500 m dari jalan raya Kebumen – Yogyakarta.

Nama Van der Wijck diambil dari nama komandan yang karirnya terbilang cemerlang. Van der Wijck merupakan perwira militer dengan karir cemerlang karena konon mampu memenangkan beberapa peperangan di Indonesia.

benteng van der wijck gombong
Benteng Van Der Wicjk Gombong
pintu gerbang benteng wisata van der wicjk
Pintu Gerbang Wisata Benteng Van Der Wicjk
miniatur dinosaurus
Miniatur Dinosaurus

Benteng Van der Wijck berwarna merah tua, bentuk bangunan segi delapan dan memiliki luas lebih dari 7000 m persegi dengan tinggi benteng mencapai 10 m yang terdiri dari dua lantai.

Hampir seluruh bangunan bentuknya adalah tembok, termasuk atap benteng yang tersusun dari batu bata.

lapangan benteng van der wijck
Lapangan yang berada di tengah benteng
wisata benteng van der wijck
Pusat benteng
pusat benteng van der wijck
Pusat benteng

Di lantai satu dan dua terdapat 16 ruangan besar dengan ukuran 18 x 16,5 m, ruang kecil berbagai macam ukuran ada 27 ruangan di lantai satu sedangkan di lantai dua terdapat 25 ruangan.

Pada lantai satu terdapat empat pintu gerbang, 72 jendela, 63 pintu antar ruangan maupun pintu keluar benteng, 8 anak tangga ke lantai dua serta dua anak tangga darurat.

Sedangkan di lantai dua, terdapat 84 jendela, 70 pintu penghubung dan empat anak tangga ke bagian atap.

benteng_vanderwijk (10)
Suasana di tengah benteng
benteng_vanderwijk (11)
Tampak dari dalam
benteng_vanderwijk (12)
Salah satu ruangan di benteng
benteng_vanderwijk (7)
Dari atas benteng
benteng_vanderwijk (8)
Rel kereta di atap benteng

Bagaimana menurut Anda setelah melihat foto-foto di atas? Tertarik untuk mengunjungi Wisata Benteng Van der Wijck ini? Jika sedang berada di Kebumen, silakan sempatkan mampir untuk melihat bangunan bersejarah tersebut.

Suasana di sana cukup terasa nostalgic dengan bangunan gedung yang masih kokoh hingga saat ini. Cocok untuk Anda yang suka dengan bangunan bersejarah.

Sekian cerita singkat AneIqbal yang bisa disampaikan. Mungkin ada satu dua hal yang bisa dipetik manfaatnya. Demikian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment