Ukuran Sudut yang Tersedia pada Penggaris Segitiga Adalah?

Ukuran sudut yang tersedia pada penggaris segitiga adalah? 90 derajatkah? Apakah ada ukuran sudut lain selain 90 derajat? Jawabnya ada! Jadi, pastikan Anda menyimak pembahasan AneIqbal berikut sampai akhir.

Ukuran sudut yang tersedia pada penggaris segitiga

Jadi, ukuran sudut yang tersedia pada penggaris segitiga adalah beragam. Ya benar, beragam ukuran sudutnya. Mulai dari 30 derajat, 45 derajat, 60 derajat, hingga 90 derajat. Jadi, tidak terbatas hanya pada ukuran 90 derajat saja penggaris segitiga yang dijual di pasaran. Berikut salah satu contoh gambar penggaris segitiga dengan beragam ukuran sudut.

sudut sudut penggaris segitiga
beragam sudut pada penggaris segitiga

Secara umum, ukuran sudut yang memang paling dikenal dan familiar pada penggaris segitiga adalah sudut 90 derajat. Ada penggaris segitiga dengan sudut 90 derajat yang dikombinasikan 45 derajat dan 45 derajat. Ada pula yang 60 derajat dengan 30 derajat. Beragam varian namun intinya satu, yakni sudut 90 derajat.

Ada penggaris segitiga lainnya yang memungkinkan kita untuk membuat ukuran sudut sesuai dengan kebutuhan. Penggaris jenis ini sangat cocok untuk anak teknik yang tidak jauh dari urusan desain maupun menggambar.

Harga penggaris segitiga ini pun beragam mulai dari ribuan hingga ratusan ribu. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko online maupun offline yang dekat dengan lokasi Anda.

Selain mempermudah untuk membuat sudut-sudut tertentu, penggaris segitiga ini juga bisa memudahkan kita untuk menggambar bangun datar segitiga. Di samping itu, penggaris segitiga ini juga tetap bisa digunakan seperti penggaris lurus.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis segitiga yang dibedakan berdasarkan ukuran sudutnya? Jawabannya, ada tiga jenis segitiga; segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul.

Sedikit penjelasannya; segitiga lancip merupakan segitiga yang sudut-sudutnya lebih kecil dari 90 derajat, segitiga siku-siku merupakan segitiga yang salah satu sudutnya berukuran 90 derajat, dan segitiga tumpul yang salah satu sudutnya lebih dari 90 derajat.

Selain berdasarkan ukuran sudutnya, jenis segitiga juga dapat dibedakan berdasarkan panjang sisinya. Di antaranya yaitu; segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarang. Ohiya, segitiga ini merupakan sebuah bangun datar sehingga dapat dihitung luas dan kelilingnya.

Jadi, kesimpulannya, ukuran sudut yang tersedia pada penggaris segitiga yaitu 90 derajat. Semoga penjelasan singkat di atas bisa menjawab pernyataan Anda.

Leave a Comment