Ukuran Penggaris Segitiga yang Digunakan Hendaknya Disesuaikan dengan?

Ukuran penggaris segitiga yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan? Bentuk etiket? Bentuk garis? Luas bidang yang digambar? Suatu peraturan? Manakah jawaban yang benar? Berikut adalah jawaban beserta pembahasannya.

Ukuran penggaris segitiga

Ukuran penggaris segitiga yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan luas bidang yang digambar dan disarankan yang lebih kecil dari bidang gambar tersebut. Mengapa harus demikian? Supaya lebih mudah penggunaannya sehingga memudahkan kita untuk menggambar bentuk segitiga ataupun bentuk lainnya dengan penggaris tersebut.

Coba bayangkan saja bila kita menggunakan penggaris segitiga dengan ukuran besar namun digunakan pada kertas berukuran kecil. Tentu hal itu akan merepotkan. Gambar segitiga yang dibuat pun bisa tidak presisi dan cenderung berantakan. Kalau terlalu kecil pun juga demikian. Oleh karena itu harus sesuai antara ukuran penggaris segitiga dengan luas bidang gambarnya.

Selain ukurannya yang beragam mulai dari kecil hingga besar, penggaris segitiga juga bisa menggambarkan besar sudut yang beragam. Di antaranya yaitu, sudut 30° (derajat), 45 derajat, 60 derajat, dan 90 derajat.

sudut sudut penggaris segitiga
beragam sudut pada penggaris segitiga

Sehingga, penggaris ini sangat membantu sekali ketika kita diminta untuk menggambarkan segitiga siku-siku dan melukiskan besar sudut tertentu. Sebagai alternatif pengganti dari penggunaan busur derajat.

Fungsi lainnya dari penggaris segitiga ini adalah untuk membuat garis dengan kemiringan tertentu. Ohiya, membuat garis lurus juga bisa seperti fungsi penggaris pada umumnya.

Penggaris segitiga banyak dijual di pasaran dengan beragam bahan dan merek. Ada yang terbuat dari plastik, kayu, mika, hingga besi tipis. Sementara untuk mereknya yang cukup terkenal adalah butterfly. Ada juga merek lain seperti Ziegel, MOR, dan lain-lain. Harganya pun beragam mulai dari belasan hingga ratusan ribu.

Kemudian, dari segi strukturnya pun juga beragam. Ada yang lunak hingga keras sekali. Untuk yang lunak sering kali ditemui pada penggaris segitiga kecil berbahan dasar plastik. Penggaris ini bisa dengan bebas ditekuk-tekuk. Walaupun demikian, penggaris tersebut juga bisa patah.

Ada penggaris yang keras dengan bahan besi tipis yang dilapisi bahan tertentu agar permukaannya halus. Menggunakan penggaris ini perlu kehati-hatian karena ada potensi tangan terluka jika tidak waspada. Sangat diimbau untuk menjauhkan penggaris ini dari anak-anak.

Itulah penjelasan singkat AneIqbal mengenai ukuran penggaris segitiga yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan luas bidang gambar. Semoga penjelasannya mudah dipahami dan bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Comment