Tulislah 5 Benda Berbentuk Lingkaran yang Ada di Sekitarmu!

Tulislah 5 benda berbentuk lingkaran yang ada di sekitarmu! Butuh referensi jawaban untuk pertanyaan tersebut? Simak berikut jawabannya.

Tulislah 5 benda berbentuk lingkaran yang ada di sekitarmu!

1. Donat

Benar kan? Donat juga memiliki bentuk lingkaran lho! Donatnya yang donat bolong di tengah ya bukan yang donat isi. Sebab, donat isi cenderung lonjong sedikit. Ngomong-ngomong, donat apa yang Anda suka?

2. Karet gelang

“Ketoprak dua bungkus tapi yang pedes karetnya dua ya!” Cukup familiar dengan kalimat tersebut? Karet pada bungkus ketoprak, nasi uduk, nasi kuning, lontong sayur, dan sebagainya berbentuk lingkaran jika dalam keadaan biasa. Kalau ditarik tentu saja melar sehingga bentuknya memanjang. Jadi, mau pesan yang pedas atau tidak?

3. Solasi/lakban

Benda yang satu ini seringkali hilang jika dibutuhkan namun selalu ada jika tidak dibutuhkan. Memang aneh bin ajaib. Solasi/lakban memiliki warna yang beragam, seperti kuning, bening, dan hitam. Bentuknya yang lingkaran memudahkan kita untuk menarik plastik perekatnya.

4. Pelampung

Pelamping pada umumnya berbentuk lingkaran seperti roda. Pelampung jenis ini dipakai seperti halnya memakai hula hoop. Posisinya berada di bawah ketiak supaya dapat mengangkat badan kita dengan sempurna ketika di lautan. Namun bentuk pelampung kini tidak terbatas pada bentuk lingkaran saja.

5. Alat musik drum

Jika Anda senang bermain peralatan musik, khususnya drum, maka seharusnya Anda menyadari bahwa bentuk dari alas alat tersebut merupakan lingkaran. Sementara bentuk secara keseluruhan seperti sebuah tabung. Bermain drum cukup asyik dan seru untuk melepas penat maupun mencari kesenangan tambahan untuk menghibur diri.

Kelima benda tersebut sangat mudah kita temui di lingkungan sekitar kita. Namun mungkin kita belum menyadarinya secara langsung dan membutuhkan cukup waktu untuk mengingatnya.

Kita sudah membahas beberapa contoh benda yang berbentuk lingkaran. Tetapi tahukah Anda sebenarnya apa itu lingkaran?

Apa itu lingkaran?

Jadi, lingkaran merupakan sebuah bangun datar yang tercipta dari tarikan garis lengkung pada kumpulan titik yang berjarak tertentu ke titik tertentu. Garis lengkung akan tersambung dari ujung ke ujung jika menyesuaikan dengan kumpulan titiknya.

Sementara itu, titik tertentu pada pengertian lingkaran di atas disebut juga dengan titik pusat lingkaran. Kemudian untuk kumpulan titik yang berjarak tertentu pada titik pusat lingkaran disebut juga dengan jari-jari lingkaran.

Istilah yang perlu diketahui pada lingkaran yaitu; jari-jari, diameter, juring, luas, dan keliling. Untuk menghitung luas dan kelilingnya kita bisa menggunakan rumus luas lingkaran.

Itulah jawaban serta penjelasan singkat AneIqbal untuk pertanyaan; tulislah 5 benda berbentuk lingkaran yang ada di sekitarmu. Semoga bisa menambah sedikit referensi untuk Anda.

Leave a Comment