Toolbar yang Ditampilkan Secara Default di Jendela Excel adalah Toolbar?

Toolbar yang ditampilkan secara default di jendela Excel adalah toolbar? Menurut Anda, apakah jawabannya? Simak jawaban dan pembahasan AneIqbal selengkapnya berikut ini.

Toolbar default pada Microsoft Excel

Toolbar yang ditampilkan secara default di jendela Excel adalah toolbar standar (standard toolbar) dan toolbar fomatting (formatting toolbar). Hanya dua itu saja jawabannya. Tahukah Anda letak perbedaan dari kedua toolbar tersebut?

Secara letak, posisi kedua toolbar tersebut juga berbeda namun berdekatan. Secara fungsi, dari namanya saja sudah menggambarkan maksud dari keseluruhan toolbar tersebut.

1. Toolbar Standar

Toolbar standar memuat beberapa fungsi dasar seperti New, Open, Save, dan Print. Letaknya tepat berada di bawah menu bar. Toolbar standar ditampilkan dalam bentuk tombol dengan ikon yang mewakili fungsi-fungsi dasar yang sudah disebutkan tadi.

Sedikit penjelasan mengenai fungsi dasarnya; New berarti membuat file Excel baru, Open berarti membuka file Excel yang sudah pernah dibuat sebelumnya, Save berarti untuk menyimpan perubahan pada suatu file, dan Print untuk mencetak file tersebut dalam bentuk hardcopy atau print-out.

2. Toolbar Formatting

Beralih ke toolbar formatting. Posisinya tepat di bawah toolbar standar. Toolbar formatting berfungsi untuk melakukan format atau styling atau pemberian efek tertentu pada suatu objek. Contohnya, menebalkan huruf, memberikan garis bawah, mengganti jenis font, mengubah perataan paragraf, dan lain sebagainya.

Pada intinya, toolbar formatting ini bertanggungjawab untuk penataan isi/teks yang ada pada sebuah file atau dokumen. Dengan toolbar ini, Anda bebas berkreasi memberikan format tertentu sesuai standar yang dibutuhkan.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa toolbar standar berhubungan dengan file atau dokumen. Sementara toolbar formatting berhubungan dengan isi dari file atau dokumen tersebut.

3. Toolbar Drawing

Sebenarnya, masih ada satu lagi toolbar pada Microsoft Excel 2003. Nama toolbar tersebut adalah toolbar drawing. Fungsinya untuk menambahkan objek grafis tertentu seperti shapes, clip art, dan lain sebagainya.

Letak toolbar drawing ini ada di bawah layar dan memang secara default tidak dimunculkan dan tidak sesering digunakan seperti halnya pada dua toolbar sebelumnya.

Jika masih penasaran dengan letak kedua toolbar tersebut, silakan perhatikan gambar di bawah ini supaya bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

toolbar microsoft excel 2003
brainly.co.id

Ohiya, mengingatkan kembali, toolbar standar, toolbar formatting, dan toolbar drawing ini hanya ada pada Microsoft Excel 2003. Untuk versi terbarunya, kini menggunakan Quick Access Toolbar dan Ribbon. Semua itu berlaku di seluruh aplikasi Microsoft Office.

Salah satu contoh fitur Excel pada Ribbon adalah Sort & Filter. Silakan cek cara filter di excel untuk melihat bagaimana cara memanfaatkan fitur tersebut untuk menampilkan data yang dibutuhkan saja.

Jadi, kesimpulannya, toolbar standar dan toolbar formatting merupakan toolbar yang ditampilkan secara default di jendela Excel versi 2003. Untuk versi terbaru sudah menggunakan Quick Access Toolbar dan Ribbon.

Sekian penjelasan singkat kali ini dan semoga bisa menjawab pertanyaan Anda. Terima kasih sudah menyimak hingga akhir pembahasan.

 

 

Leave a Comment