Cara Pasang TinyMCE CodeIgniter

Text editor bawaan cukup sederhana saja. Untuk itu, diperlukan library seperti TinyMCE. Nah, bagaimana cara pasang TinyMCE CodeIgniter ini? Silakan simak panduan AneIqbal berikut sampai akhir.

Pernah dengar TinyMCE? Bagi kalangan developer istilah ini pasti gak asing. Singkatnya, TinyMCE merupakan open source teks editor untuk web.

TinyMCE ini mengubah form textarea menjadi teks editor dengan berbagai fitur seperti menebalkan huruf, memiringkan huruf (italic style) dan masih banyak lagi.

Kali ini kita bahas step by step mengintegrasikan TinyMCE ini dengan framework CI.

Cara integrasi TinyMCE dengan CodeIgniter

Siapkan CI dan TinyMCE

Itulah yang harus disiapkan. CI dan TinyMCEnya. Anda bisa mengunduh Codeigniter di https://www.codeigniter.com. TinyMCEnya Anda bisa mengunduhnya di https://www.tinymce.com.

Jika sudah mengunduh keduanya, ekstrak filenya karena filenya dalam bentuk compressed atau ZIP. Ohiya, pada bahasan ini, Codeigniter yang dipakai yaitu versi 3 dan TinyMCE versi 4.

Selesai? Lanjut ke langkah selanjutnya.

Tempatkan Folder TinyMCE ke dalam CI

Sebelum memindahkan folder tinymce ke dalam CI, buat folder assets dulu di Codeigniter.

Gunanya folder ini untuk meletakkan open source yang diintegrasikan dengan Codeigniter seperti Bootstrap dan TinyMCE ini. Nama foldernya gak harus assets, bisa disesuaikan dengan kehendak masing-masing.

Jika sudah dibuat, tempatkan folder tinymce kedalam folder assets. Jadinya seperti ini.

tinymce codeigniter
Folder tinymce didalam folder assets
instal tinymce codeigniter
Isi folder tinymce

Sampai sini kita sudah menyatukan TinyMCE dengan Codeigniter. Selanjutnya kita ngoding agar TinyMCEnya bisa diaplikasikan.

Buat Codingan untuk View

Kami berasumsi Anda sudah mengerti controller dan view pada Codeigniter ya dan mengubah pengaturan base_url pada file /application/config/config.php .

Baca juga: cara setting environment codeigniter 3

Jadi kami langsung tunjukkan codingan untuk mengaplikasikan TinyMCEnya. Berikut codingannya.

Codingan file layout.php untuk view
Codingan file layout.php untuk view

Pada baris keenam, kita panggil TinyMCEnya. Pada baris ketujuh sampai kesebelas, kita gunakan fungsi tinymce.init untuk menginisialisasi/mengenerate form textarea menjadi teks editor TinyMCE berdasarkan id form textarea.

Sebagai contoh codingan diatas, kami memberi id teksarea pada form textarea. Hasilnya seperti berikut.

codeigniter online editor
Codeigniter sudah terintegrasi dengan TinyMCE

Nah sampai sini selesai. Gak banyak kan langkah-langkahnya? Cuma tiga langkah aja. Selamat mencoba dan semoga panduan di atas bisa membantu Anda.

Leave a Comment