Tinggi Net Bulu Tangkis yang Berstandar Internasional yaitu?

Tinggi net bulu tangkis yang berstandar internasional yaitu? Berapakah jawabannya? BWF sudah membuat regulasi tinggi net bulu tangkis ini. Pernah dengar BFW sebelumnya?

Badminton World Federation, yang kemudian disingkat BWF merupakan induk organisasi bulu tangkis internasional. Badan inilah yang mengatur dan menyelenggarakan perihal bulu tangkis di dunia. Itulah sekilas tentang BWF dan sekarang kembali ke topik pembahasan utama.

Tinggi net bulu tangkis

Tinggi net bulu tangkis yang berstandar internasional yaitu setinggi 1,52 meter dengan lebar 0,76 meter. Sementara tiang yang menyangga net tersebut memiliki tinggi 1,55 meter.

Standar tinggi netnya cukup tinggi untuk pemain yang memiliki postur tubuh tidak mencapai 1,7 meter. Namun tentu bukan menjadi halangan untuk tetap bermain dengan baik. Sebab hal tersebut masih dapat diatasi dengan salah satu cara yakni dengan melompat secara maksimal agar mendapat posisi memukul yang nyaman.

Standar tersebut juga berlaku di nasional karena PBSI pun merujuk pada peraturan BWF agar dapat menyelenggarakan pertandingan level internasional di Indonesia. Pada Desember 2021 lalu, tiga pertandingan internasional telah dihelat di Bali; DAIHATSU Indonesia Masters 2021, SimInvest Indonesia Open 2021, dan HSBC BWF World Tour Finals 2021.

Apakah mungkin kejuaraan bergengsi tersebut bisa digelar jika standar tinggi netnya saja tidak mengikuti aturan yang ada? Pasti tidak mungkin kan?

Apakah ada perbedaan tinggi net antara nomor bulu tangkis tunggal dan ganda? Atau mungkin pria dan wanita? Tidak ada. Semua pertandingan bulu tangkis yang ada menggunakan standar tinggi net yang sama, yakni 1,52 meter. Bisa saja berbeda namun tentu diterapkan khusus untuk pertandingan anak-anak.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membangun lapangan bulu tangkis sendiri, kini Anda sudah memahami net seperti apa yang dibutuhkan dimulai dari standar ukurannya. Jadi, ketika disewakan nanti tidak dikomplain oleh para penyewa karena mungkin terlalu tinggi atau malah terlalu pendek.

Harga net bulu tangkis

Menilik di salah satu ecommerce populer di Indonesia, harga net yang dijual berkisar antara puluhan sampai ratusan ribu. Tepatnya dimulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 150 ribu.

Ada pula model net bulu tangkis portable yang bisa dibawa dan dipakai dimanapun Anda inginkan. Net bulu tangkis portable ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding net biasa. Ini sekadar informasi tambahan saja untuk Anda.

Sekian pembahasan tinggi net bulu tangkis kali ini dan sekarang Anda sudah punya jawabannya ketika ada yang bertanya di suatu waktu. Semoga bisa sedikit menambah wawasan Anda dan terima kasih sudah membaca postingan AneIqbal ini sampai akhir.

Leave a Comment