Tentukan Jenis Segitiga yang Memiliki Panjang Sisi 8 Cm 7 Cm dan 12 Cm!

Tentukan jenis segitiga yang memiliki panjang sisi 8 cm 7 cm dan 12 cm! Bagaimana cara menentukannya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya. Jadi, pastikan Anda simak pembahasannya hingga akhir.

Menentukan jenis segitiga yang memiliki panjang sisi tertentu

Jenis segitiga yang memiliki panjang sisi 8 cm 7 cm dan 12 cm adalah segitiga tumpul. Mengapa bisa dikategorikan sebagai segitiga tumpul? Berikut penjelasan selengkapnya.

Ini berkaitan dengan teorema pythagoras yang ada pada segitiga siku-siku. Pythagoras menyatakan, pada sebuah segitiga siku-siku terdapat aturan bahwa kuadrat sisi miringnya (hipotenusa) sama dengan jumlah kuadrat sisi kaki/lainnya. Coba perhatikan gambar segitiga siku-siku di bawah ini.

segitiga siku siku
gambar segitiga siku siku

Berdasarkan gambar di atas, sisi miring atau hipotenusanya dilambangkan dengan garis c. Sementara sisi kaki/lainnya dilambangkan dengan garis a dan b. Kalau kita tarik lambang tersebut berdasarkan teorema pythagorasnya, maka akan didapat notasi c² = a² + b².

Sehingga didapat kesimpulan bahwa jika panjang sisi-sisi suatu segitiga memenuhi notasi pythagoras di atas, maka segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku.

Bagaimana jika hipotenusanya (c) lebih besar? atau lebih kecil? Apakah dapat menentukan suatu jenis segitiga lainnya? Jawabannya adalah bisa!

Jenis segitiga berdasarkan teorema pythagoras

  1. Jika kuadrat hipotenusa sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya (c² = a² + b²), maka segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku.
  2. Jika kuadrat hipotenusa lebih kecil dari jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya (c² < a² + b²), maka segitiga tersebut merupakan segitiga lancip.
  3. Jika kuadrat hipotenusa lebih besar dari jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya (c² > a² + b²), maka segitiga tersebut merupakan segitiga tumpul.

Setelah mengetahui beberapa notasi berdasarkan teorema pythagoras, selanjutnya adalah memasukkan angka pada soal untuk membuktikan jawabannya. Mari kita buktikan bersama-sama di bawah ini.

c² … a² + b²
12² … 8² + 7²
144 … 64 + 49
144 … 113
144 > 113

Hasilnya adalah kuadrat hipotenusa (c) lebih besar dari jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya (a dan b) sehingga notasinya adalah (c² > a² + b²). Notasi tersebut menyatakan untuk jenis segitiga tumpul. Cukup mudah bukan untuk membuktikannya?

Sekadar untuk informasi tambahan saja, mengetahui panjang hipotenusa diperlukan untuk menghitung keliling segitiga siku-siku. Namun, sisi miring tersebut tidak termasuk pada rumus luas segitiga siku-siku untuk menghitung luas wilayahnya. Untuk rumus segitiga sendiri, hampir serupa dengan rumus luas segitiga siku-siku.

Jadi, pertanyaan, tentukan jenis segitiga yang memiliki panjang sisi 8 cm 7 cm dan 12 cm, jawabannya adalah segitiga tumpul. Sekian penjelasan singkat AneIqbal dan semoga bisa sedikit mencerahkan keburaman Anda.

Leave a Comment