Cara Menggunakan tcpdf Codeigniter

Untuk menampilkan data dalam bentuk pdf di aplikasi web, kita perlu library tambahan. Mengintegrasikan tcpdf CodeIgniter ini solusinya. Simak pembahasan AneIqbal berikut untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya.

Setelah aplikasi web selesai dibuat, lalu digunakan oleh user, kemudian data-data mulai diinput ke database melalui aplikasi web tersebut, jadilah database yang berisi data.

Data tersebut bisa dikeluarkan di aplikasi web berupa list atau daftar didalam aplikasinya dan bisa juga berupa report atau laporan.

Biasanya, laporannya berbentuk pdf atau csv. Nah, yang kita bahas kali ini yaitu bentuk pdf. Ada banyak library generator pdf diluar sana, seperti FPDF, TCPDF, dompdf dan masih banyak lagi. Tapi kita fokus pada TCPDF saja.

Cara menggunakan tcpdf di CodeIgniter

Download Source Code TCPDF-nya

Pertama kali yang dilakukan yaitu mendownload source code TCPDF. Kunjungi website TCPDF di https://www.tcpdf.org/ lalu klik download atau bisa juga di https://sourceforge.net/projects/tcpdf/files/ untuk mendownload source codenya. Kemudian klik tcpdf_6_2_12.zip untuk mendownload.

tcpdf codeigniter
download source code tcpdf

Pasang TCPDF-nya ke dalam Codeigniter

Setelah didownload, ekstrak file tersebut lalu pindahkan folder tcpdf (folder hasil ekstrak) ke folder /application/libraries.

tcpdf codeigniter 3
ekstrak ke folder libraries CodeIgniter

Selanjutnya yaitu buat file pdf.php didalam folder /application/libraries juga. File ini berisi class Pdf yang menurunkan class TCPDF. Codingannya seperti berikut.

tcpdf in codeigniter
isi file pdf.php

Terakhir, panggil secara otomatis atau autoload library pdfnya. Ubah file autoload.php, direktorinya yaitu /application/config. Ubah sehingga menjadi seperti berikut.

masukkan ke autoload
masukkan ke autoload

Generate Report PDF-nya

Pengaturan selesai, tinggal dicoba untuk generate report pdfnya. Caranya, buat file controller baru, misalnya Tes_report.php. Codingannya seperti berikut.

controller baru Tes_report.php
controller baru Tes_report.php

Setelah dibuat, akses controller tersebut melalui web browser. Lalu akan menampakkan tampilan seperti berikut.

tcpdf codeigniter
hasil output report pdf

Gak susah kan? Lakukan step by step agar gak ada yang terlewat. Bentuk reportnya bisa disesuaikan dengan yang Anda mau. Silakan jika Anda ingin bereksplorasi lebih jauh.

Sekian pembahasan bagaimana cara menggunakan tcpdf CodeIgniter dan semoga bisa membantu Anda. Demikian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment