Home » Soal » Soal Bulu Tangkis » Pukulan Bulu Tangkis yang Mengenai Bagian Depan Raket Dinamakan Pukulan?

Pukulan Bulu Tangkis yang Mengenai Bagian Depan Raket Dinamakan Pukulan?

Pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan apakah? Simak jawaban dan pembahasan lengkap AneIqbal berikut ini.

Pukulan bulu tangkis yang mengenai bagian depan raket dinamakan pukulan forehand. Secara posisi raket, ada dua teknik pukulan yang perlu diketahui. Pertama adalah pukulan forehand dan kedua yaitu pukulan backhand.

Teknik pukulan berdasarkan posisi raket

Pukulan Forehand

Pukulan forehand adalah teknik memukul shuttlecock dengan bagian depan raket dimana posisi telapak tangan yang memukul berada di hadapan shuttlecock. Ini merupakan salah satu teknik pukulan dasar saat bermain bulu tangkis.

gambar pukulan forehand bulutangkis
credit: open.online.uga.edu

Saat bermain bulu tangkis, tangan kita sudah secara alami memukul dengan teknik forehand ini. Karena posisi ini memang posisi ternyaman dan ideal untuk memukul shuttlecock dengan mudah dan benar.

Untuk menguasai teknik pukulan forehand ini pun tidak sulit. Pegang raket dengan posisi forehand (telapak tangan menghadap ke depan) kemudian ayunkan raket dengan hentakan dan lakukan secara berulang-ulang.

Setelah nyaman dengan gerakan ayunan raket tadi, lanjutkan latihan bersama partner di lapangan tanpa menjatuhkan shuttlecock dalam sekian menit. Kemudian jika teknik ini sudah dikuasai, teknik selanjutnya yaitu pukulan backhand.

Pukulan Backhand

Pukulan backhand adalah teknik memukul shuttlecock dengan bagian belakang raket dimana posisi telapak tangan menghadap ke badan sendiri. Pukulan ini biasanya dilancarkan ketika shuttlecock sulit ditangani dengan pukulan forehand.

gambar pukulan backhand bulutangkis
credit: open.online.uga.edu

Teknik memukul shuttlecock dengan backhand cenderung sulit dilakukan. Berbeda dengan forehand yang bahkan tanpa latihan pun sudah bisa dilakukan. Shuttlecock yang dipukul dengan backhand memiliki potensi yang besar gagal untuk dipukul.

Mengapa bisa demikian? Sebab pukulan ini bisa dikatakan bukan posisi ideal untuk memukul dengan mudah dan nyaman. Jika berhasil dipukul pun cenderung pelan laju shuttlecocknya serta tidak terarah. Bisa keluar lapangan atau bahkan jatuh di area sendiri. Perlu latihan khusus untuk bisa menguasai teknik pukulan backhand.

Anda pasti tahu atlit pebulu tangkis Taufik Hidayat bukan? Ia mendapat julukan king of backhand smash dari pecinta bulu tangkis di seluruh dunia. Sebab, ia memiliki kemampuan untuk melakukan smash sangat keras dengan pukulan backhand. Tidak semua orang bisa melakukannya.

Memukul biasa dengan teknik backhand saja sudah sulit. Apalagi jika dikombinasikan dengan pukulan smash? Terbayang kan sulitnya seperti apa? Memang beliau sangat luar biasa atas skill dan prestasinya mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Teknik pukulan lainnya

Jika berdasarkan pada posisi penempatan shuttlecock pada raket memang hanya dua teknik pukulan saja; teknik forehand dan teknik backhand. Namun, masih ada teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis lainnya seperti smash dan dropshot yang juga perlu diketahui.

Share yuk, ke:

Leave a Comment