Home » Soal » Soal Bulu Tangkis » Panjang Lapangan Bulu Tangkis untuk Partai Ganda yang Berstandar Internasional

Panjang Lapangan Bulu Tangkis untuk Partai Ganda yang Berstandar Internasional

Berapakah panjang lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yang berstandar internasional? Simak jawaban beserta pembahasan AneIqbal berikut ini. Ukuran standar panjang ini tentu ditetapkan oleh BWF selaku induk organisasi bulu tangkis internasional.

Panjang lapangan bulu tangkis berstandar internasional

Lapangan bulu tangkis ini berbentuk persegi panjang. Di tengahnya ada sebuah net yang memanjang dari ujung satu ke ujung lainnya sehingga tampak seperti dua buah persegi yang disatukan. Baik panjang dan lebarnya, keduanya memiliki standar ukurannya masing-masing.

Panjang lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yang berstandar internasional yaitu 13,4 meter. Standar ukuran panjang tersebut berlaku untuk nomor bulu tangkis tunggal maupun ganda. Bagaimana dengan lebarnya?

Sementara untuk lebarnya memiliki dua standar ukuran. Lebar lapangan bulu tangkis untuk partai ganda adalah 6,1 meter dan nomor tunggal berukuran lebar 5,18 meter. Jika pemain tunggal memakai standar lebar pemain ganda bisa dipastikan ia akan cepat kewalahan sebab luasnya area permainan.

Supaya lebih memahami bagaimana bentuk dan ukuran lapangan bulu tangkis ini, berikut kami sajikan sebuah ilustrasi gambar lapangannya.

Ukuran lapangan bulu tangkis

standar ukuran lapangan bulu tangkis
credit to: kibrispdr.org

Terlihat lebih jelas kan ukuran beserta dimensinya. Panjangnya 13,40 m dengan lebar 6,10 meter sehingga luas lapangan bulu tangkisnya adalah 81,74 meter persegi. Jadi sekarang tidak bingung lagi jika ditanya berapa panjang dan luas dari sebuah lapangan bulu tangkis berstandar internasional untuk nomor ganda.

Untuk informasi tambahan, jarak dari garis servis depan ke net yaitu sepanjang 1,98 meter. Untuk tinggi net atau jaringnya (dari atas net hingga ke tanah) yaitu 1,52 meter dengan disangga tiang setinggi 1,55 meter. Sementara untuk lebar jaringnya yaitu 0,76 meter.

Detail lapangan bulu tangkis lainnya

Untuk garis-garis lapangan yang ada harus menggunakan warna yang kontras; seperti warna putih dan kuning. Hal ini dimaksudkan agar area bermain dalam dan luar menjadi terlihat lebih jelas baik bagi para pemain, wasit, maupun hakim garis. Bayangkan jika menggunakan warna yang gelap, misalnya hitam, tentu jauh lebih sulit terlihat.

Ketebalan garis tersebut juga sudah diatur sehingga memiliki standar lebar. Standar ukuran lebar garisnya adalah setebal 40 mm.

Bagaimana dengan bahan atau struktur dari lapangannya? Sangat disarankan untuk menggunakan bahan sintesis yang lunak demi keamanan para pemain. Jika menggunakan bahan sintesis yang keras atau menggunakan beton, pemain memiliki resiko cidera yang lebih tinggi jika terjatuh.

Sekian pembahasan kali ini tentang panjang lapangan bulu tangkis berstandar internasional untuk partai ganda. Sekarang Anda sudah mengetahui jawabannya bukan? Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Share yuk, ke:

Leave a Comment