Home » Soal » Bagian Jendela Excel yang Berfungsi untuk Menampilkan Alamat Sel yang sedang Aktif adalah?

Bagian Jendela Excel yang Berfungsi untuk Menampilkan Alamat Sel yang sedang Aktif adalah?

Bagian jendela excel yang berfungsi untuk menampilkan alamat sel yang sedang aktif adalah? Bar rumus? Bar nama? Bar status? atau bar judul? Simak pembahasan AneIqbal berikut untuk mengetahui jawabannya.

Pada jendela Excel, ada cukup banyak bagian-bagian yang perlu diketahui. Misalnya, title bar, ribbon, status bar, formula bar, name box, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah untuk pertanyaan:

Bagian jendela Excel yang berfungsi untuk menampilkan alamat sel yang sedang aktif adalah?

Jawabannya adalah name box dan jika di-bahasa Indonesia-kan menjadi bar nama. Name box menunjukkan alamat sel yang sedang aktif.

Pertanyaan selanjutnya, darimana kita tahu bahwa sel tersebut sedang aktif? Sel aktif ditandai dengan adanya cursor pointer atau penunjuk sel pada sel tersebut. Cursor pointer sendiri berbentuk persegi panjang menyerupai bentuk sel namun memiliki garis hijau khas warna Ms Excel.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar di bawah ini yang akan menunjukkan letak dari name box dan cell pointer.

name box
Name box dan cell pointer

Bagaimana? Sudah cukup jelas kan dari gambar di atas? Name box letaknya ada di pojok kiri atas tepat di atas nama kolom. Sementara cell pointer letaknya bisa dimana saja tergantung penempatan yang kita lakukan.

Name box akan secara otomatis menampilkan posisi cell yang aktif yang ditunjukkan oleh cell pointer. Jadi, kita tidak perlu pusing untuk menentukan titik koordinat suatu data pada jutaan baris dan belasan ribu kolom yang ada.

Seperti yang diketahui bahwa baris pada Excel berjumlah 1.048.576 baris. Sementara kolomnya berjumlah 16.384 kolom. Jumlah yang sangat fantastis bukan? Di situlah peran name box mengapa ia ada.

Baca juga: cara mengubah ukuran kolom di Excel

Bagaimana dengan opsi jawaban lainnya dari pertanyaan di atas?

Bar rumus atau formula bar berfungsi untuk memperlihatkan rumus atau fungsi pada suatu sel. Letak formula bar tepat di samping kanan name box.

Bar status atau status bar berfungsi untuk menampilkan informasi singkat mengenai apa yang sedang dilakukan. Misalnya, kita sedang memblok beberapa sel. Maka akan ada informasi jumlah sel yang kita blok. Letak status bar ada di paling bawah jendela Excel.

Bar judul atau title bar berfungsi untuk menampilkan nama file yang sedang dibuka. Posisinya tepat di tengah atas jendela Ms Excel.

Jadi, bagian jendela Excel yang berfungsi untuk menampilkan alamat sel yang sedang aktif ialah bar nama atau name box. Sekian penjelasan singkat kali ini dan semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment