Home » Soal » Bagaimana Bentuk Umum dari Fungsi Left dalam Excel?

Bagaimana Bentuk Umum dari Fungsi Left dalam Excel?

Bagaimana bentuk umum dari fungsi LEFT dalam Excel? Apa fungsi dari LEFT itu sendiri? Jika ada LEFT, maka adakah fungsi RIGHT dalam Excel? Semua itu akan terjawab pada pembahasan AneIqbal kali ini.

Secara fungsi utama, Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka. Namun bukan berarti hanya mengolah angka-angka saja. Sel-sel yang ada tetap bisa diisi dengan teks maupun karakter.

Selain itu, teks maupun karakter tersebut ternyata juga dapat diolah oleh Ms Excel. Contohnya seperti menghapus beberapa karakter, menambahkan teks tertentu, mengambil sejumlah karakter, dan menggabungkan beberapa kata.

Sel yang berisi data berupak teks maupun karakter dapat diolah menggunakan fungsi yang ada. Salah satunya, yaitu fungsi LEFT.

Baca juga: rumus Excel yang sering digunakan admin

Bagaimana bentuk umum dari fungsi LEFT dalam Excel?

Bentuk umum dari fungsi LEFT yakni =LEFT(text;num_char), yang diartikan menjadi =LEFT(sel data/teks;jumlah karakter yang diambil). Berikut penjelasan masing-masing komponennya.

  • LEFT, fungsi Excel untuk mengekstrak atau mengambil sejumlah karakter dari sisi kiri teks/kata.
  • text, berarti teks/kata/sel sumber data yang ingin diambil karakternya.
  • num_char, berarti banyaknya jumlah karakter yang ingin diambil.

Penggunaan fungsi LEFT cukup mudah. Misalnya, kita ingin mengambil karakter “ane” dari kata “aneiqbal.com”. Maka rumus LEFTnya yaitu:

fungsi left
penggunaan fungsi LEFT

D1 merupakan sel sumber data yang ingin diambil, dalam hal ini “aneiqbal.com”. Karena kita hanya ingin mengambil “ane” saja dari sumber data yang didapat, maka masukkan angka 3 ke dalam parameter fungsi tersebut.

Jika ingin mengekstrak “aneiqbal”, maka ganti angka 3 di atas dengan 8. Jika angkanya tidak isi, maka secara default hanya akan mengambil 1 karakter saja.

Selain LEFT, ada dua fungsi lainnya yang hampir serupa kegunaannya. Kedua fungsi tersebut yakni MID dan RIGHT. Dari namanya mungkin sudah terlihat fungsinya ya.

LEFT dan RIGHT memiliki bentuk umum yang hampir serupa. Namun untuk fungsi MID, ada penambahan satu parameter lagi.

Baca juga: apa yang dimaksud dengan range dalam Excel

Bentuk umum dari fungsi RIGHT

Bentuk umum dari fungsi RIGHT yakni =RIGHT(text;num_char), yang diartikan menjadi =RIGHT(sel data/teks;jumlah karakter yang diambil). Fungsi RIGHT akan mengambil sejumlah karakter dari sisi kanan teks/kata.

rumus right
penggunaan fungsi RIGHT

Ada beberapa catatan yang perlu diingat ketika menggunakan kedua fungsi di atas.

  1. Nilai num_char harus lebih dari nol (0).
  2. Jika num_char tidak dimasukkan, maka akan mengambil satu karakter saja.
  3. Jika num_char lebih besar nilainya dari panjang teks/kata maka semuanya akan ditampilkan.

Itulah jawaban sekaligus penjelasan singkat bagaimana bentuk umum dari fungsi LEFT dalam Excel. Semoga penjelasan tersebut bisa menjawab pertanyaan Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment