Home » Soal » Apa yang Dimaksud Fungsi String dalam Excel?

Apa yang Dimaksud Fungsi String dalam Excel?

Apa yang dimaksud fungsi string dalam Excel? Fungsi apa saja yang dapat mengolah suatu kata atau string? Berikut pembahasan AneIqbal selengkapnya.

Ms Excel memiliki fungsi utama sebagai pengolah data angka. Namun di samping itu, Excel juga mampu mengolah data berupa teks dengan menggunakan beragam fungsi string yang ada.

Apa yang dimaksud fungsi string dalam Excel?

Jadi, yang dimaksud fungsi string dalam Excel adalah fungsi-fungsi yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa string atau teks. String atau teks tersebut diekstrak, digabungkan, diformat, dihapus, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Ada enam fungsi string yang cukup sering digunakan, di antaranya; MID, LEFT, RIGHT, UPPER, LOWER, dan CONCATENATE. Berikut penjelasan masing-masing fungsi tersebut.

Fungsi string dalam Excel

1. LEFT

Fungsi LEFT berfungsi untuk mengekstrak atau mengambil sejumlah karakter dari sisi kiri sebuah kata/teks. Format fungsinya adalah =LEFT(Cell, n) dimana n merupakan banyaknya karakter yang ingin diambil.

Misalnya, kita ingin mengambil karakter ane dari kata aneiqbal.com. Maka, fungsinya adalah sebagai berikut.

rumus string left
fungsi LEFT

2. MID

Fungsi MID berfungsi untuk mengekstrak atau mengambil sejumlah karakter dari titik tertentu suatu kata/teks. Format fungsinya yaitu =MID(Cell, x, n) dimana x merupakan titik tertentu atau posisi awal karakter yang ingin diambil dan n merupakan banyak karakter yang ingin diambil.

Misalnya, kita ingin mengambil karakter iqbal dari kata aneiqbal.com. Maka, fungsinya yaitu:

fungsi string mid
fungsi MID

3. RIGHT

Fungsi RIGHT berfungsi untuk mengekstrak atau mengambil sejumlah karakter dari sisi kanan suatu kata/teks. Format fungsinya yaitu =RIGHT(n) dimana n merupakan banyaknya karakter yang ingin diambil.

Misalnya, kita ingin mengambil karakter com dari kata aneiqbal.com. Maka, rumusnya adalah:

rumus string right
fungsi RIGHT

Baca juga: rumus sum max min average

4. LOWER

Fungsi LOWER berfungsi untuk mengecilkan semua huruf yang sebelumnya besar (kapital). Format fungsinya yaitu =LOWER(Cell) dimana Cell merupakan kata/teks yang ingin dikecilkan.

Misalnya, kita ingin mengubah ANEIQBAL.COM menjadi aneiqbal.com. Maka, formulanya yaitu:

rumus string lower
fungsi LOWER

5. UPPER

Fungsi UPPER berfungsi untuk membuat semua huruf kecil menjadi kapital. Format fungsinya adalah =UPPER(Cell) dimana Cell merupakan kata/teks yang ingin diubah menjadi kapital.

Misalnya, kita ingin mengubah aneiqbal.com menjadi ANEIQBAL.com. Maka, fungsinya yaitu:

rumus string upper
fungsi UPPER

Baca juga: rumus Excel lulus tidak lulus

6. CONCATENATE

Fungsi CONCATENATE berfungsi untuk menggabungkan kata/teks dengan kata/teks lainnya. Jumlah teks/kata yang digabungkan pun tidak terbatas. Untuk formatnya yaitu =CONCATENATE(Cell1; Cell2; Celln) dimana Cell1, Cell2, dan Celln merupakan teks/kata yang dingin digabungkan.

Jika ingin menambahkan kata/teks tertentu tanpa data Cell, tambahkan kutip (“”) pada teks/kata tersebut. Misalnya, kita ingin menambahkan tanda strip (-) di antara aneiqbal.com dan ANEIQBAL.com. Maka, fungsinya yaitu:

rumus string concatenate
fungsi CONCATENATE

Semakin sering dipakai, maka Anda akan semakin terbiasa dan paham di luar kepala semua fungsi string tersebut. Silakan coba kembali semua fungsi tersebut dengan data-data yang Anda miliki dan lihat bagaimana hasilnya.

Sekian pembahasan singkat terkait apa yang dimaksud fungsi string dalam Excel. Semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah dipahami sekaligus menjawab pertanyaan Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment