Home » Soal » Apa Itu Cell dalam Excel?

Apa Itu Cell dalam Excel?

Apa itu cell dalam Excel? Fungsinya untuk apa? Adakah bedanya dengan sheet? Berikut AneIqbal sajikan penjelasan lengkapnya.

Cell merupakan salah satu istilah yang paling sering didengar ketika berurusan dengan Microsoft Excel. Sebab, hampir seluruh halaman pada Ms Excel yang Anda lihat merupakan cell.

Ohiya, cell dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai sel. Sekadar sedikit informasi tambahan untuk Anda yang belum tahu.

Apa itu cell dalam Excel?

Cell adalah sebuah kotak pada Microsoft Excel yang dapat diisi oleh sebuah data atau formula tertentu. Dengan kata lain, cell berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk data dan formula/rumus yang akan diolah.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Range dalam Excel?

Ketika kita membuka program Ms Excel, ada begitu banyak kotak (lebih tepatnya persegi panjang) yang tampak di layar. Sebab, di cell inilah area bermain pada program Microsoft Excel.

Cell terdiri dari baris dan kolom. Baris Excel ditandai dengan deretan angka di sisi kiri yang jumlahnya mencapai 1.048.576 baris. Untuk kolom Excel ditandai dengan huruf yang terletak di sisi atas yang jumlahnya mencapai 16.384 kolom.

Itulah jumlah maksimal baris dan kolom dalam sebuah sheet. Sementara untuk jumlah sheetnya tidak terbatas tergantung dari kekuatan RAM dan procesor komputer yang digunakan.

Semakin besar kapasitas RAM dan prosesor yang digunakan, maka semakin banyak data yang bisa diproses oleh Excel. Proses datanya pun juga menjadi lebih cepat.

Baca juga: operasi hitung pada microsoft Excel

Berdasarkan pengalaman, menggunakan Microsoft Excel pada komputer dengan spesifikasi di bawah standar bisa menjadi not responding ketika memproses data dalam jumlah besar. Standar di sini maksudnya adalah untuk kebutuhan perkantoran yang terbiasa memproses banyak data.

Pada akhirnya, pekerjaan menjadi terganggu karena not responding terus terjadi. Hal itu tidak terjadi lagi setelah melakukan upgrade RAM dan mengganti harddisknya menjadi SSD. Dua komponen tersebut sangat membantu meringankan kinerja prosesor.

Kembali ke Microsoft Excel. Jadi, sekarang kita tahu bahwa cell merupakan wadah data/formula dan sheet merupakan lembar kerja yang di dalamnya memuat kumpulan cell. Semoga tidak bingung lagi dengan kedua istilah tersebut.

Satu hal lagi, cell akan aktif (bisa diinputkan data/formula ke dalamnya) jika terdapat cell pointer pada cell tersebut. Cell pointer ini mirip seperti kursor namun dengan bentuk seperti cell (persegi panjang) dengan garis berwarna hijau.

Itulah pembahasan singkat terkait apa itu cell dalam Excel. Semoga bisa sedikit mencerahkan sekaligus menjawab pertanyaan Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment