Sebutkan Nomor-Nomor yang Dipertandingkan dalam Permainan Bulu Tangkis!

Sebutkan nomor-nomor yang dipertandingkan dalam permainan bulu tangkis! Jawabannya, ada lima nomor dan berikut pembahasan selengkapnya.

Nomor bulu tangkis

Bulu tangkis merupakan jenis permainan yang tidak bisa dilakukan sendiri. Ia baru bisa dimainkan dengan minimal dua orang dan maksimal empat orang.

Jika dimainkan dengan dua orang maka disebut juga dengan tunggal dimana satu melawan satu. Jika empat orang maka disebut dengan ganda dimana satu pasang yang terdiri dari dua orang melawan pasangan lainnya.

Dalam bulu tangkis, ada lima nomor yang diperlombakan. Kelima nomor tersebut yaitu; nomor tunggal putra, nomor tunggal putri, nomor ganda putra, nomor ganda putri, dan nomor ganda campuran.

Nomor tunggal putra

Di nomor tunggal putra, pertandingan akan dimainkan oleh satu orang pemain pria melawan satu pemain pria lainnya dari tim lawan. Karena bertanding secara tunggal, maka dibutuhkan stamina dan konsentrasi yang tinggi agar dapat menguasai permainan yang berujung pada kemenangan.

Ada beberapa nama yang menjadi legenda di nomor tunggal ini. Nama-namanya yaitu Taufik Hidayat, Rudi Hartono, dan Liem Swie King.

Sementara untuk generasi sekarang, di tahun 2022, ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Mereka adalah atlet bulu tangkis terbaik di nomor tunggal putra yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Nomor tunggal putri

Di nomor tunggal putri, pertandingan akan mempertemukan satu orang pemain wanita berhadapan dengan satu pemain wanita lainnya dari tim lawan. Mereka berdua akan memperebutkan poin dengan selisih minimal 2 untuk meraih kemenangan.

Atlet bulut tangkis putri kita pun tidak kalah jagonya dengan putra. Terbukti ada Susy Susanti yang menjadi legenda di nomor tunggal putri ini. Bahkan, namanya menjadi sebuah judul film yang mengisahkan tentang dirinya.

Menilik atlet tunggal putri era sekarang di tahun 2022 ini, ada Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, dan Putri Kusuma Wardani.

Nomor ganda putra

Di nomor ganda putra, pertandingan dimainkan oleh dua pasang pemain pria yang saling berhadapan memperebutkan poin kemenangan. Di nomor inilah para atlet nasional Indonesia kerap bertengger di peringkat terbaik dunia.

Hingga saat ini di tahun 2022, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih bertahan di peringkat pertama ranking dunia. Kemudian di susul oleh pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Nomor ganda putri

Di nomor ganda putri, pertandingan akan mempertemukan dua pasang pemain wanita untuk mencapai skor 21 poin. Pasangan ganda putri Indonesia juga tidak kalah berprestasi.

Pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas pada Olimpiade Tokyo 202o lalu mengalahkan para permain terbaik dunia.

Nomor ganda campuran

Untuk ganda campuran, satu pasang terdiri dari satu pria dan satu wanita yang akan saling bertanding melawan pasangan lainnya memperebutkan poin kemenangan.

Contoh atlet nasional kita di era 2022 untuk nomor ini, yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Ada nama Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang menjadi legenda karena berhasil mendapat medali emasĀ  Olimpiade Rio de Janeiro 2016 silam.

Jadi itulah kelima nomor bulu tangkis yang perlu diketahui. Semoga penjelasan singkat di atas bisa cukup jelas untuk dipahami dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment