Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Sama dan Berbeda

Rumus Excel menghitung jumlah data yang sama dan berbeda bisa menggunakan fungsi countif. Sehingga, pengelompokan data menjadi lebih mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Simak pembahasan AneIqbal berikut sampai akhir untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Rumus Excel menghitung jumlah data

Menghitung jumlah data akan terasa jauh lebih mudah, cepat, dan efisien jika menggunakan rumus Excel. Tidak masalah berapapun jumlah datanya, entah itu belasan, puluhan, bahkan mungkin ratusan.

Bayangkan saja kalau harus dilakukan secara manual dengan screening/melihat data satu per satu kemudian dihitung satu per satu juga. Terbayang rasa lelah dan panjangnya waktu serta energi yang terpakai untuk mengerjakan hal tersebut.

Maka dari itu, wajib memakai rumus Excel untuk menghitung jumlah datanya pada suatu sheet. Penggunaan rumusnya pun terbilang cukup mudah. Dibuat tidak sampai satu menit namun bisa menyelesaikan banyak pekerjaan.

Secara garis besar, rumusnya menggunakan fungsi countif untuk menjumlahkan data yang sama maupun berbeda. Lantas, bagaimana langkah-langkahnya?

Menjumlahkan data yang sama

  1. Siapkan data yang dibutuhkan.
  2. Masukkan fungsi =COUNTIF($D$6:$D$17;”kata kunci”) pada suatu sel kosong.
  3. Tekan tombol Enter.
  4. Jumlah datanya akan terlihat.

$D$6:$D$17 merupakan range sel data yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Silakan disesuaikan dengan range sel pada data yang Anda miliki.

Sementara untuk “kata kunci”, di sanalah lokasi untuk menempatkan data yang ingin dijumlahkan. Sehingga arti keseluruhan fungsinya yaitu hitung data yang ada pada range sel $D$6:$D$17 jika cocok dengan kata kunci.

Supaya lebih mudah memahaminya, berikut contoh case yang bisa Anda coba sendiri juga. Kita akan menghitung jumlah peserta yang mengikuti kursus tertentu. Berikut data peserta dan kursusnya secara keseluruhan.

rumus excel menghitung jumlah data yang sama
contoh sampel data peserta dan kursus yang diambil

Baca juga: cara membuat garis di Excel

Karena yang ingin kita ketahui adalah jumlah peserta yang mengikuti kursus Word, Excel, dan PowerPoint, maka kita buatkan tabel tersendiri lagi pada kolom D dan E seperti pada gambar berikut.

rumus excel menghitung jumlah data yang sama 2
penambahan tabel data jumlah peserta

Jika sudah dikelompokkan berdasarkan kursus yang diambil, selanjutnya adalah menghitung jumlah pesertanya. Data pesertanya ada pada kolom A dan data kursus yang diambil ada pada kolom B.

Masukkan fungsi =COUNTIF($B$2:$B$13;D2) pada sel E2 kemudian tekan tombol Enter untuk melihat hasilnya. Jika sudah terlihat hasilnya, tarik rumus tersebut dari sel E2 lanjut ke bawah hingga ke E4 untuk menghitung jumlah peserta semua kursusnya.

tabel jumlah peserta yang terlihat hasilnya
jumlah datanya sudah terlihat

Ohiya, ketika mengetikkan fungsi =COUNTIF kemudian memilih range B2:B13, tekan tombol F4 untuk menambahkan simbol dolar seperti pada fungsi di atas. Dolar ($) berfungsi agar range sel pada suatu fungsi tidak berubah ketika dicopy atau ditarik.

Lalu, arti D2 pada rumus di atas maksudnya adalah keyword atau kata kuncinya diambol dari sel D2, yang mana isi sel tersebut adalah “Word”. Begitu juga dengan kolom E3 dan E4 yang akan menyesuaikan kata kuncinya. Silakan dicoba sendiri supaya terlihat lebih jelas.

Menjumlahkan data yang berbeda

  1. Tentukan sel untuk meletakkan rumus.
  2. Masukkan rumus =SUM(1/COUNTIF(RangeData; RangeData)).
  3. Tekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk memproses rumus tersebut.
  4. Jumlah data akan terlihat di layar.

Selanjutnya adalah bagaimana cara menghitung jumlah data yang berbeda dengan menggunakan rumus =SUM(1/COUNTIF(RangeData; RangeData)). Untuk datanya, kita gunakan data yang sama seperti contoh case di atas, yakni data peserta kursus.

rumus excel menghitung jumlah data yang berbeda
contoh sampel data peserta kursur

Berdasarkan sampel data di atas, terlihat bahwa ada 12 peserta yang akan mengikuti kursus dengan beragam jenis. Nah, kita ingin mencari tahu, sebenarnya ada berapa jenis kursus yang diambil oleh peserta.

Secara kasat mata memang sudah terlihat, yakni berjumlah tiga saja; Word, Excel, dan PowerPoint. Namun karena jumlah datanya terbilang sedikit maka langsung terlihat.

Bagaimana jika datanya puluhan bahkan mungkin ratusan? Tentu tidak akan terlihat begitu saja dan kita perlu memakai rumus untuk menghitungnya.

Sekarang, kita tentukan sel untuk meletakkan rumusnya. Misalnya, pada sel D7. Ketikkan =SUM(1/COUNTIF(B2:B13;B2:B13)). Jika sudah, tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Enter untuk melihat hasilnya.

rumus excel menghitung jumlah data yang berbeda
Hasil outputnya pada kolom D7

Maksud dari menekan tombol Ctrl + Shift + Enter adalah untuk mengapit rumus dengan simbol kurung kurawal {}. Jika hanya menekan tombol Enter saja, maka hasilnya tidak akan sesuai.

Maksud dari B2:B13;B2:B13 adalah kita mencari data pada range sel tersebut dengan kata kunci yang ada pada range sel tersebut. Sehingga, hasil akhirnya nanti sudah dikelompokkan berdasarkan keunikan kata kunci yang ditemukan.

Itulah rumus Excel menghitung jumlah data yang sama maupun berbeda. Silakan praktikkan dengan data yang Anda miliki dan lihat hasilnya apakah sudah sesuai yang diharapkan. Sekian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment