Rumus Excel Lulus Tidak Lulus (Rumus IF Berdasarkan Nilai)

Untuk memudahkan pemberian status kelulusan, kita bisa memanfaatkan rumus excel lulus tidak lulus. Caranya pun mudah untuk diterapkan. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak panduan AneIqbal kali ini sampai akhir.

Ketika Anda berprofesi yang menyangkut dengan bidang pendidikan, misalnya guru, mungkin di antara Anda ada yang sering bergelut dengan nilai ujian para siswa yang harus direkap.

Data nilai tersebut pastinya tidaklah sedikit. Mungkin Anda akan merasa sangat kerepotan saat menyortir nilai siswa dengan standar tertentu untuk dinyatakan lulus atau tidak. Kalau dilakukan manual, pastinya sangat melelahkan dan membutuhkan banyak waktu.

Nah, dengan menggunakan Microsoft Excel, Anda tidak akan kerepotan untuk menyortir data nilai yang lulus atau tidak lulus, terutama jika jumlah siswa dalam kelas cukup banyak.

Rumus excel lulus tidak lulus

Kita bisa menentukan status lulus tidak lulus siswa dengan menggunakan rumus IF. Sehingga, pekerjaan itu menjadi lebih cepat selesai. Untuk membuktikannya, Anda dapat membuka file nilai siswa kelas Anda. Sebagai contoh, kami menggunakan data seperti berikut.

rumus if untuk menentukan lulus atau tidak
Contoh sampel data

Dari data yang ada, keterangan yang diisi dengan TIDAK LULUS, misalnya, jika nilai ujian kurang dari 50. Jika lebih dari itu, maka dapat dinyatakan lulus. Untuk mengisinya, gunakan rumus IF pada kolom keterangan paling atas yaitu kolom E4 “=IF(D4<50;”Tidak Lulus”;”Lulus”)”.

Rumus tersebut berarti bahwa “Jika nilai pada kolom D4 kurang dari 50 maka dinyatakan Tidak Lulus, pada kondisi sebaliknya maka dinyatakan Lulus”. Setelah memasukan rumus, maka langkah terakhir adalah dengan mengklik enter untuk mengetahui hasilnya.

Berikut hasil dari contoh data kami setelah dimasukkan formula excel lulus tidak lulusnya.

rumus mencari lulus dan tidak lulus di microsoft excel
Rumus if lulus tidak lulus

Langsung terlihat hasilnya bukan? Prosesnya pun cepat karena dibuat dengan “sistem”. Tidak manual dimana kita harus mengetikkan kata lulus atau tidak lulus.

Selain itu, Anda tidak perlu untuk berulang-ulang menulis rumus untuk 29 data lainnya. Anda cukup posisikan pointer pada pojok kanan hingga berbentuk “+” dan tarik hingga ke data terakhir. Berikut ini adalah hasilnya:

rumus excel lulus tidak lulus
Lulus dan tidak lulus sudah ditampilkan

Bagaimana menurut Anda? Rumus excel lulus tidak lulus di atas cukup mudah untuk diaplikasikan bukan? Pastikan tidak ada salah ketik atau kurang huruf ketika memasukkan formulanya supaya hasilnya tidak eror.

Demikian panduan cara menentukan lulus tidak lulus di excel dengan menggunakan formula IF ini. Semoga panduan di atas bisa mudah dipahami dan diikuti. Terakhir, semoga bisa membantu Anda.

Leave a Comment