Pasangan Segitiga Berikut yang Kongruen Adalah?

Pasangan segitiga berikut yang kongruen adalah? Bagaimana ciri-ciri segitiga yang kongruen? Berikut jawaban beserta penjelasan lengkapnya.

Sebelum masuk ke pembahasan, ada dua istilah yang perlu diperhatikan; kongruen dan sebangun. Segitiga kongruen sudah pasti sebangun. Tetapi, segitiga sebangun belum bisa dikatakan kongruen.

Pasangan segitiga yang kongruen

Misalnya, ada pertanyaan, pasangan segitiga berikut yang kongruen adalah, kemudian ada beberapa pilihan jawaban. Pilihannya yaitu dua segitiga siku-siku yang sisi miringnya bersekutu, dua segitiga sama kaki yang alasnya sama, dua segitiga sama sisi yang alasnya berhimpit, dan dua segitiga lancip yang dua sisinya sama panjang.

Maka jawabannya adalah dua segitiga sama sisi yang alasnya berhimpit. Mengapa demikian? Karena, dua bangun datar ini memenuhi syarat-syarat kekongruenan, yakni memiliki panjang sisi dan besar sudut yang sama. Berikut sifat-sifat dan syarat dari kesebangunan dan kekongruenan pada segitiga.

Sifat-sifat kekongruenan pada segitiga

  1. Memiliki sisi-sisi yang bersesuaian dengan panjang yang sama.
  2. Memiliki sudut-sudut yang seletak dengan besar sudut yang sama.

Syarat-syarat yang memenuhi kekongruenan pada segitiga

  1. Ketiga sisi dari dua buah segitiga bersesuaian dan memiliki panjang yang sama (s, s, s).
  2. Kedua sisi yang bersesuaian dari segitiga pertama dan kedua sama panjangnya dan kedua sudut apitnya sama besar (s, sd, s).
  3. Kedua sudut yang bersesuaian dari segitiga pertama dan kedua sama besarnya dan kedua sisi/kaki persekutuan kedua sudut sama panjangnya (sd, s, sd).

Sifat-sifat kesebangunan pada segitiga

  1. Memiliki sisi-sisi yang bersesuaian dengan perbandingan yang senilai.
  2. Memiliki sudut-sudut yang bersesuaian dengan besar sudut yang sama.

Syarat-syarat yang memenuhi kesebangunan pada segitiga

  1. Memiliki perbandingan yang sama antara sisi-sisi yang bersesuaian (s, s, s).
  2. Memiliki sudut-sudut yang bersesuaian dengan besar sudut yang sama (sd, sd, sd).
  3. Memiliki dua sisi yang bersesuaian dengan perbandingan yang sama dan sudut yang diapit sama besar (s, sd, s).

Itulah sifat-sifat dan syarat-syarat baik kesebangunan maupun kekongruenan untuk bangun datar segitiga. Jika ada soal serupa, perhatikan gambar segitiganya secara seksama kemudian lakukan cek n ricek dengan informasi di atas.

Setelah mengetahui kekongruenan dan kesebangunan pada segitiga, selanjutnya Anda bisa pelajari rumus segitiga dan rumus segitiga siku-siku untuk menghitung luas berikut kelilingnya juga.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan, pasangan segitiga berikut yang kongruen adalah, segitiga sama sisi yang alasnya berhimpit. Semoga penjelasan singkat AneIqbal ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Anda.

Leave a Comment