Operasi Hitung pada Microsoft Excel

Dalam mempelajari Excel, menguasai operasi hitung pada Microsoft Excel sangat penting. Sebab, operasi hitung ini hampir selalu dipakai. Untuk itu, silakan simak panduan AneIqbal berikut sampai akhir supaya dapat informasi secara utuh.

Sebelum jauh membahas tentang rumus atau formula yang ada di Microsoft Excel, menguasai operasi hitung dasar merupakan hal yang wajib. Sebab, seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, operasi perhitungan dasar ini hampir selalu dipakai. Bahkan, di dalam rumus atau formula yang akan digunakan nanti.

Menguasai perhitungan dasar di Microsoft Excel ini juga penting sebagai pondasi skill Excel Anda. Jika belum menguasainya, maka kemungkinan besar akan kesulitan untuk menerapkan perhitungan yang lebih kompleks.

Namun tidak perlu takut dan risau. Perhitungan dasar Excel ini cukup mudah dipelajari karena serupa dengan operasi hitung dasar pada matematika. Ada operasi penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/).

Operasi hitung pada Microsoft Excel

Supaya pembahasannya lebih mudah dipahami, kita akan langsung praktikkan pada contoh sampel data. Berikut sampel data yang akan digunakan untuk mengaplikasikan operasi hitung dasar tersebut.

operasi hitung pada excel
Contoh sampel data

Kita akan memasukkan formula perhitungan dasar pada kolom yang kosong, yakni kolom D. Operasi perhitungannya dilakukan secara menyamping. Contohnya, untuk penjumlahan makanan Seblak, maka 40 akan ditambah dengan 20.

1. Penjumlahan

Untuk melakukan penjumlahan makanan Seblak dari laki-laki dan perempuan, maka rumus yang diketikkan pada kolom D5 yaitu “=B5+C5” lalu klik enter untuk melihat hasilnya. Ohiya, kutipnya tidak perlu dimasukkan juga dalam formula ya.

2. Pengurangan

Untuk melakukan pengurangan pun caranya hampir sama dengan penjumlahan. Hanya simbol operasi bilangan dan kolomnya saja yang berbeda. Rumus pengurangan pada kolom D6 yaitui “=B6-C6” lalu klik enter untuk mengetahui hasilnya.

3. Perkalian

Perhitungan dasar selanjutnya yaitu operasi perkalian. Rumus perkalian dapat ditulis pada kolom D7 yaitu “=B6*C7” lalu klik enter untuk melihat hasilnya.

Simak juga: cara menggabungkan kolom di excel

4. Pembagian

Masih berlaku tips yang sama yaitu perhatikan kolom dan simbol operasi bilangan. Rumus pembagian pada kolom D8 yaitu “=B8/C8”.

Berikut sampel data yang sudah dilengkapi dengan formula perhitungan dasar di atas.

operasi hitung excel
Hasil operasi perhitungan dasar

Bagaimana menurut Anda operasi hitung dasar di atas? Cukup mudah atau bahkan mungkin sangat mudah untuk dipelajari bukan? Semoga panduan di atas mudah dipahami dan diikuti. Sekian dan semoga bisa membantu Anda.

Leave a Comment