Microsoft Excel Merupakan Aplikasi yang Sangat Cocok Digunakan untuk?

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk apakah? Sebenarnya, cukup banyak kegunaan dari aplikasi Microsoft Excel. Apa sajakah kegunaannya? Pastikan Anda simak pembahasan AneIqbal berikut sampai selesai.

Kegunaan dari aplikasi Microsoft Excel

Walaupun banyak kegunaannya, namun pada intinya, Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk mengolah data secara otomatis dan cepat. Data berupa angka maupun teks dapat diolah dengan mudah dan cepat tanpa bantuan alat hitung seperti kalkulator.

Microsoft Excel juga dilengkapi dengan formula atau rumus atau fungsi untuk menghitung atau mengolah suatu data. Formula-formula tersebut dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan data yang dicari.

Data dengan jumlah sedikit maupun banyak, semuanya bisa diolah oleh Microsoft Excel selama spesifikasi laptop yang digunakan cukup mumpuni. Supaya Excelnya lancar dalam mengolah data, Anda bisa menggunakan laptop atau PC dengan spesifikasi pada rekomendasi laptop gaming.

Setelah laptop atau PCnya siap, Excel juga akan siap untuk berbagai kegunaan. Berikut beberapa contoh kegunaan yang cocok untuk Microsot Excel.

Melakukan operasi aritmatika

Operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian merupakan fungsi dasar yang dapat dilakukan oleh Microsoft Excel. Anda bisa menjumlahkan data tertentu dengan range Excel yang cukup banyak. Kemudian mengalinya, lalu menguranginya, dan terakhir membaginya.

Semua bebas bisa Anda lakukan karena kendali penuh atas sebuah data ada pada Anda. Tergantung Anda ingin mencari atau menemukan data yang seperti apa dari hasil operasi aritmatika tersebut.

Merapikan atau mengolah teks

Tidak hanya data angka saja yang dapat diolah oleh Microsoft Excel. Data berupa huruf atau teks juga bukanlah masalah baginya. Anda bisa menambahkan, mengurangkan, menggantikan, dan lain sebagainya suatu teks dengan teks lain.

Contohnya, ada seratus data teks “saya ganteng”. Kemudian Anda ingin menambahkan data teks tersebut menjadi “saya ganteng dan tampan”. Tidak mungkin kan kalau harus diketik satu persatu sampai seratus? Nah, Excel bisa sangat membantu dengan cepat dengan formula CONCATENATE.

Membuat laporan keuangan

Di perusahaan, aplikasi Microsoft Excel digunakan untuk membuat berbagai jenis laporan terkait keuangan. Misalnya, laporan neraca, laporan laba rugi, dan lain sebagainya. Excel cukup powerfull untuk mengakomodir semua laporan keuangan yang dibutuhkan.

Selain itu, Excel juga menyediakan tipe data currency atau mata uang sehingga laporan keuangan terlihat semakin jelas jika menampilkan angka lengkap dengan currency-nya. Contohnya, kita bisa menambahkan format rupiah dengan mengikuti panduan cara membuat rp di Excel.

Membuat laporan nilai

Sementara di dunia pendidikan, Microsoft Excel sangat membantu untuk mengolah nilai-nilai peserta didik. Nilai-nilai peserta didik diinput, diolah, kemudian dapat langsung diberikan pada wali peserta didik.

Salah satu contoh outputnya yaitu berupa ranking peserta didik. Panduan singkatnya bisa Anda cek cara membuat ranking di Excel. Sehingga semuanya menjadi serba praktis dan otomatis.

Jadi, kesimpulannya, Microsoft Excel adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah data secara otomatis, cepat, dan tepat guna. Sekian penjelasan singkat di atas dan semoga bisa menambah referensi maupun wawasan Anda.

Leave a Comment