Menurut Sejarah Permainan Bulu Tangkis Berasal dari Permainan yang Bernama?

Menurut sejarah permainan bulu tangkis berasal dari permainan yang bernama apakah? Simak jawaban dan pembahasan lengkap AneIqbal berikut ini.

Apakah jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas? Jadi, menurut sejarah permainan bulu tangkis berasal dari permainan yang bernama Poona. Dari mana asal usul nama tersebut? Mengapa kini berubah dari Poona menjadi badminton?

Asal usul permainan bulu tangkis

Dilansir dari Kompas.com, menurut modul Shuttlecok/Kock Menari Indah di Udara (2017) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, permainan bulu tangkis pertama kali dimainkan oleh tentang Inggris yang pada saat itu sedang berada di Pune, India pada abad ke-19.

Mulanya, permainan ini dimainkan dengan sebuah dayung/tongkat (battledores) yang digunakan untuk menjaga shuttlecock agar tidak menyentuh tanah. Namun ternyata, permainan battledores and shuttlecock ini menjadi sangat populer dimainkan oleh anak-anak Inggris.

Seiring berjalannya waktu, guna menambah keseruan dan lebih kompetitif, para tentara Inggris tersebut menambahkan unsur lain ke dalam permainannya. Unsur yang ditambahkan yaitu jaring atau net yang kemudian dimainkan secara berlawanan.

Dulunya, kota Pune dimana para tentara Inggris menciptakan permainan bulu tangkis ini dikenal dengan nama Poona. Oleh sebab itu, permainan tersebut awalnya dikenal dengan nama “poona”.

Jika menilik dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bulu tangkis ini berasal dari India namun yang menciptakannya adalah tentara Inggris. Pada 1850-an, tentara Inggris pulang ke negaranya dengan membawa permainan tersebut.

Sejarah singkat permainan bulu tangkis

Lantas, kapan nama Poona berubah menjadi badminton (bulu tangkis) seperti yang dikenal hingga abad ini?

Nama badminton pertama kali dikenal pada tahun 1860. Sebutan “badminton” muncul pertama kali pada sebuah pamflet yang dikeluarkan oleh seorang penyalur mainan asal Inggris, Isaac Spratt dengan judul “Badminton Battledore – a new game”.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa ialah orang yang mempopulerkan nama badminton di kala itu hingga saat ini. Ia juga menggambarkan permainan itu dimainkan di Badminton House, tepatnya di Duke of Beaufort’s di Gloucestershire, Inggris.

Kemudian seiring berjalannya waktu, peraturan dasar bulu tangkis pertama kali dalam sejarah ditulis pada tahun 1877 oleh Klub Badminton Bath. Di tahun 1893, Asosiasi Bulu Tangkis Inggris dibentuk. Lalu tahun 1899, kejuaraan internasional bulu tangkis dengan nama All England pertama kali diselenggarakan di London’s Horticultural Halls.

Hingga kini, permainan bulu tangkis menjadi salah satu olahraga favorit dan populer di Asia dan Skandinavia. Negara kita tercinta ini pun memiliki prestasi yang gemilang di cabang olahraga ini.

Leave a Comment