Luas Lapangan Bulu Tangkis untuk Partai Tunggal yang Berstandar Internasional

Berapakah luas lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal yang berstandar internasional? Beda dengan partai ganda? Berikut adalah jawabannya.

Luas lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal

Luas lapanganan bulu tangkis untuk partai tunggal yang berstandar internasional yaitu 69,412 meter persegi. Darimana angka tersebut? Tentu saja dari hasil kali antara panjang dan lebarnya yang sudah ditetapkan standarnya oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation, BWF).

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, panjang lapangan bulu tangkis partai tunggal adalah 13,4 meter. Kemudian, lebar lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal yaitu 5,18 meter. Jika kedua angka tersebut dikalikan, maka ketemulah angka yang sudah disebutkan tadi.

Pertanyaannya, untuk mencari luasnya mengapa harus mengalikan kedua angka tersebut? Ini mungkin saja ada yang ingin tahu dan penasaran mengapa angka-angkanya tinggal dikali begitu saja.

Jadi, kalau kita perhatikan secara seksama, lapangan bulu tangkis ini berbentuk persegi panjang. Nah, berdasarkan hal itu kita bisa gunakan rumus luas persegi panjang untuk menghitungnya. Seperti yang diketahui, luas persegi panjang rumusnya adalah panjang dikali dengan lebarnya.

standar ukuran lapangan bulu tangkis
credit to: kibrispdr.org

Kalau masih penasaran, silakan coba sendiri perhitungannya dengan memakai rumus tersebut kemudian masukkan angka-angkanya. Maka angka yang didapat akan seperti di atas. Sudah dapat jawabannya?

Kemudian muncul pertanyaan lagi, mengapa lebarnya tidak memakai ukuran 6,1 meter seperti yang tertera pada gambar di atas? Angka tersebut merupakan ukuran standar lebar lapangan bulu tangkis untuk partai ganda.

Walaupun menggunakan lapangan yang sama, luas wilayah pertandingan untuk partai tunggal sedikit lebih kecil dibanding partai ganda. Nah, lalu bagaimana cara membedakan lapangan partai tunggal dengan partai ganda?

Coba perhatikan sisi kanan, kiri, depan, dan belakang pada gambar lapangan di atas. Selalu ada dua garis bukan di sisi-sisinya? Ada garis dalam dan garis pinggir.

Untuk partai tunggal, sisi kanan dan kirinya memakai garis dalam untuk menandakan area pertandingannya. Sementara sisi belakangnya menggunakan garis pinggir dan ini serupa dengan partai ganda.

Kalau untuk partai ganda, sisi kanan dan kirinya memakai garis pinggir sebagai pembatas area bermainnya. Begitu juga dengan sisi belakangnya.

Itulah jawaban dan sedikit penjelasan AneIqbal untuk pertanyaan luas lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal yang berstandar internasional. Semoga pembahasan tersebut bisa menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Comment