Luas Lapangan Bulu Tangkis untuk Partai Ganda yang Berstandar Internasional

Berapakah luas lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yang berstandar internasional? Apa lebih luas dari partai tunggal? Berikut jawabannya.

Luas lapangan bulu tangkis untuk partai ganda

Luas lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yang berstandar internasional yaitu 81,74 meter persegi. Angka ini didapat dari hasil perkalian antara panjang lapangan bulu tangkis partai ganda yakni 13,4 meter dengan lebar lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yaitu 6,1 meter.

Pertanyaannya, darimana asal-usul angka panjang dan lebar tersebut? Apakah hanya angka perkiraan saja atau angka yang sengaja tidak ditemukan secara sembarang?

Angka tersebut merupakan angka yang sudah ditetapkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia atau yang lebih dikenal dengan Badminton World Federation (BWF). Nah, kemudian aturan tersebut juga diberlakukan di negara masing-masing oleh induk organisasi nasional bulu tangkis mereka.

Sekarang sudah lebih jelas kan asal-usul angkanya? Jadi, bukan hanya angka tebakan saja.

Kembali ke topik pembahasan luas lapangan bulu tangkis. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan ilustrasi lapangan di bawah ini.

standar ukuran lapangan bulu tangkis
credit to: kibrispdr.org

Terlihat lebih jelas kan standar ukuran panjang dan lebarnya? Kemudian coba kalikan angka 13,4 meter (sebagai panjang) dengan 6,1 meter (sebagai lebar). Maka hasilnya adalah 81,74 meter persegi. Itulah luas lapangan bulu tangkis standar internasional untuk partai ganda.

Bagaimana dengan partai tunggal? Apakah ada perbedaan luas? Jawabannya, ada!

Mengapa bisa berbeda? Karena lebar lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal bukan 6,1 meter melainkan 5,18 meter. Sementara, panjang lapangan bulu tangkis partai tunggal masih sama dengan partai ganda yakni 13,4 meter.

Sehingga jika dikalikan hasilnya adalah 69,412 meter persegi. Jelas lebih kecil dari 81,74 meter persegi. Walaupun masih menggunakan lapangan yang sama, namun wilayah bermainnya sedikit berbeda.

Ohiya, mungkin ada juga yang bertanya-tanya, mengapa untuk menghitung luas lapangan yang dikali panjang dan lebarnya? Sebab, bentuk lapangan bulu tangkis merupakan bangun datar persegi panjang. Sehingga, kita bisa menggunakan rumus luas persegi panjang untuk menghitung luasnya.

Menghitung luas lapangan bulu tangkis tidak sesulit yang dibayangkan dan bahkan cenderung mudah. Asal tahu standar ukuran panjang dan lebarnya maka tinggal kalikan saja.

Itulah pembahasan singkat AneIqbal terkait standar internasional luas lapangan bulu tangkis untuk partai ganda. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bisa menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Comment