Lebar Lapangan Bulu Tangkis untuk Partai Tunggal yang Berstandar Internasional

Berapakah lebar lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal yang berstandar internasional? Bagaimana untuk lebarnya? Berikut adalah jawabannya.

Lebar lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal

Lebar lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal yang berstandar internasional yaitu 5,18 meter. Sementara panjang lapangan bulu tangkis partai tunggal adalah 13,4 meter. Sehingga, luas wilayah permainan untuk partai tunggal yaitu 69,412 meter persegi.

Walaupun panjangnya sama untuk nomor bulu tangkis ganda, untuk lebarnya sedikit berbeda. Lebar lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yaitu 6,1 meter. Semua standar ukuran tersebut sudah diatur dan ditetapkan oleh induk organisasi bulu tangkis internasional, yang dikenal dengan Federasi Badminton Dunia (Badminton World Federation, BWF).

Sebagai informasi tambahan, induk organisasi bulu tangkis di Indonesia dikenal dengan nama Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia, atau biasa disingkat PBSI. PBSI ini sudah berdiri sejak tahun 1951 tepatnya pada tanggal 5 Mei dan lahir di kota Bandung.

Untuk menyelenggarakan pertandingan atau kejuaraan di tingkat nasional, PBSI merujuk pada aturan dan standar yang sudah ditetapkan oleh BWF. Selain dari sisi prestasi yang memang cukup menonjol. Sehingga kemudian mendapat kepercayaan dari BWF. Terbukti, negara kita tercinta ini merupakan salah satu negara yang menjadi langganan untuk menyelenggarakan kejuaraan tingkat dunia.

Nah, termasuk untuk urusan lapangan. Tidak hanya itu saja, alat yang digunakan dalam permainan bulu tangkis pun juga mengikuti standar yang ada. Baik, kita kembali ke pembahasan terkait lapangan bulu tangkis.

Dari segi bahannya, lapangan berbahan sintesis lunak lebih disukai pemain dibanding bahan lainnya. Sebab, bahan yang lunak ini lebih aman dan nyaman. Risiko terluka maupun cedera saat terjatuh pun dapat diminimalisir. Saat melangkah di atasnya pun juga terasa berbeda.

Jika bahan yang digunakan merupakan sintesis keras atau bahkan beton, rasanya sedikit kurang nyaman saat berlarian atau melompat-lompat di atasnya. Risiko terluka dan cedera juga lebih besar jika suatu waktu terjatuh.

Namun, terlepas dari jenis bahan yang digunakan, semua itu kembali ke pemain itu sendiri. Berhati-hati dan waspada akan keselamatan menjadi faktor utama saat melakukan pertandingan.

Kemudian dari sisi garis-garis tepi. Warna yang digunakan harus kontras agar mudah dilihat terutama oleh pemain dan wasit. Contoh warna kontras yaitu kuning dan putih. Ketebalannya pun harus sesuai standar, yakni 40 milimeter.

Itulah pembahasan singkat AneIqbal untuk menjawab pertanyaan lebar lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal standar internasional. Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment