Lebar Lapangan Bulu Tangkis untuk Partai Ganda yang Berstandar Internasional

Berapakah lebar lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yang berstandar internasional? Bagaimana dengan panjangnya? Berikut jawabannya.

Lebar lapangan bulu tangkis untuk partai ganda

Lebar lapangan bulu tangkis untuk partai ganda yang berstandar internasional yaitu 6,1 meter. Bagaimana dengan panjangnya? Panjang lapangan bulu tangkis partai ganda adalah 13,4 meter.

Sementara untuk lebar lapangan nomor bulu tangkis tunggal memiliki standarnya sendiri dan lebih kecil dari 6,1 meter namun dengan panjang lapangan yang sama. Lebar lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal yakni 5,18 meter.

Jika dilihat langsung dari garis lapangan, lebar 6,1 meter merupakan jarak antara garis terluar sisi kanan dan kiri net. Seperti yang diketahui, sisi kanan dan kiri lapangan bulu tangkis memiliki dua garis; garis dalam dan garis luar.

Garis dalam yang berada di sisi kanan dan kiri pemain sampai garis luar di sisi belakang merupakan batasan wilayah untuk pemain nomor tunggal. Sementara untuk nomor ganda baik sisi kanan, kiri, dan belakang menggunakan garis terluar.

Bagaimana dengan wilayah service? Baik nomor tunggal dan ganda memiliki batasan wilayah yang sama.

Ohiya, wilayah service merupakan wilayah yang diperbolehkan untuk menempatkan shuttlecock dari pukulan utama bulu tangkis atau pukulan service. Jika shuttlecock jatuh diluar wilayah tersebut maka lawan akan mendapatkan poin.

Nah, untuk memahami bagaimana bentuk serta ukuran detail dari bulu tangkis ini, berikut kami sajikan ilustrasi lapangannya.

Gambar dimensi ukuran bulu tangkis

standar ukuran lapangan bulu tangkis
credit to: kibrispdr.org

Coba perhatikan ilustrasi lapangan bulu tangkis di atas. Sekarang terlihat lebih jelas kan bentuk, garis, beserta ukurannya? Lebar dan panjangnya juga semakin jelas terlihat.

Untuk partai ganda, wilayah bermainnya seluas 81,74 meter persegi. Sementara untuk partai tunggal luasnya lebih kecil dari luas tersebut.

Ditengahnya berdiri tegap tiang penyangga net setinggi 1,55 meter. Untuk tinggi netnya (dari ujung net hingga ke tanah) berjarak 1,52 meter dan memiliki lebar 0,76 meter.

Sekarang beralih ke bahan atau struktur lapangannya. Sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan sintesis lunak untuk menghindari risiko cedera atau terluka pada pemain saat terjatuh. Sehingga, beton atau bahan sintesis keras sangat tidak dianjurkan.

Hal penting lainnya dalam lapangan bulu tangkis yaitu warna garisnya. Garis-garis yang ada harus menggunakan warna kontras. Misalnya, seperti warna putih atau kuning. Dengan warna kontras, baik pemain maupun wasit dan semua yang terlibat di lapangan dalam suatu pertandingan bulu tangkis bisa melihat lebih jelas area bertandingnya.

Sekarang, Anda sudah mengetahui berapa lebar lapangannya bukan? Jadi, tidak bingung lagi ketika ditanya suatu saat nanti.

Sekian penjelasan singkat AneIqbal kali ini. Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Comment