Langkah yang Tepat untuk Menyimpan File pada Microsoft Excel adalah?

Langkah yang tepat untuk menyimpan file pada Microsoft Excel adalah? Langkah-langkahnya cukup mudah untuk dicoba. Berikut panduan lengkapnya.

Perlu diketahui, ada dua jenis penyimpanan file pada Microsoft Excel, Save dan Save As. Keduanya juga akan dibahas nanti. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan AneIqbal kali ini sampai selesai.

Langkah yang tepat untuk menyimpan file pada Microsoft Excel

  1. Klik menu File yang ada di pojok kiri atas.
  2. Klik Save lalu tentukan lokasi folder penyimpanannya.
  3. Berikan nama file yang diinginkan.
  4. Klik Save untuk menyimpan file tersebut.
  5. File Excel sudah tersimpan.

Cara menyimpan file Excel dengan keyboard

  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl + S.
  2. Tentukan nama file tersebut.
  3. Pilih lokasi folder untuk menyimpan file tersebut.
  4. Klik tombol Save.
  5. File Excel berhasil disimpan.

Mudah sekali kan caranya? Anda pasti langsung bisa dalam sekali percobaan. Ohiya, langkah-langkah di atas bisa diaplikasikan pada Microsoft Excel versi 2010 dan di atasnya, seperti Excel 2013, 2016, 2019, dan 365. Ohiya, ada satu lagi cara termudahnya.

Menyimpan file Excel dengan cepat

  1. Klik ikon disket yang ada di pojok kiri atas.
  2. Isikan nama untuk file barunya.
  3. Tentukan lokasi folder penyimpanan.
  4. Klik tombol Save untuk menyimpannya.
  5. File Excel terbaru berhasil disimpan.

Untuk versi Microsoft Excel di bawahnya, yakni 2007, ada sedikit perbedaan dalam proses menyimpan filenya. Sama sekali tidak banyak dan bahkan cenderung serupa dengan cara di atas.

Cara menyimpan file pada Microsoft Excel 2007

  1. Klik ikon Office yang terletak di pojok kiri atas.
  2. Klik Save kemudian pilih lokasi folder penyimpanannya.
  3. Isikan nama untuk file barunya.
  4. Klik tombol Save.
  5. File Excel terbaru sudah disimpan

Itulah cara untuk menyimpan file Excel di beberapa versinya. Silakan dicoba dengan menyesuaikan versi Microsoft Excel yang Anda gunakan. Sekarang, masuk ke pembahasan perbedaan antara Save dengan Save As.

Baca juga: cara menggabungkan kolom di Excel

Perbedaan Save dan Save As di Excel

Perbedaannya ada pada kegunaannya. Save digunakan untuk menyimpan file atau dokumen yang sebelumnya belum ada maupun sudah ada.

Maksudnya belum ada adalah file Excel tersebut merupakan file yang baru dibuat. Kalau untuk yang sudah ada, artinya memperbarui atau mengupdate file tersebut dengan perubahan yang sudah dilakukan.

Sementara untuk Save As, digunakan untuk menyimpan file dengan nama baru dengan tidak menimpa file aslinya. Dengan kata lain, Save As seperti mengcopy file Excel namun dengan beberapa perubahan/editan yang sudah dilakukan. Sehingga, Save As tidak akan bisa menimpa atau mengupdate file Excel yang asli.

Jadi, kesimpulannya, langkah yang tepat untuk menyimpan file pada Microsoft Excel adalah File > Save > pilih folder penyimpanan > beri nama file > Save. Sangat mudah untuk menyimpan sebuah file Excel setelah melakukan beberapa perubahan data.

Leave a Comment