Langkah yang Tepat untuk Membuka Kembali File Microsoft Excel yang Telah Dibuat

Langkah yang tepat untuk membuka kembali file Microsoft Excel yang telah dibuat cukup mudah untuk dilakukan. Berikut panduan selengkapnya.

Sebelum masuk ke pembahasan, pastikan Anda sudah mengetahui file Microsoft Excel mana yang akan dibuka kembali. Selain itu, disarankan Anda mengingat lokasi folder file tersebut. Namin jika lupa pun tidak masalah.

Ada dua cara untuk membuka file Microsoft Excel. Berikut penjelasan kedua cara tersebut.

Langkah yang tepat untuk membuka kembali file Microsoft Excel yang telah dibuat

  1. Jalankan aplikasi Microsoft Excel.
  2. Klik menu File > Pilih Open.
  3. Pilih lokasi folder penyimpanan file tersebut.
  4. Klik file Microsoft Excelnya kemudian file akan terbuka.
  5. Anda berhasil membuka kembali file Microsoft Excel yang sudah Anda buat sebelumnya.

Cukup beberapa langkah saja untuk membuka file Microsoft Excel yang tersimpan. Masih ada satu cara lagi yang bahkan lebih cepat dari cara di atas.

Cara cepat membuka file Excel yang sudah dibuat

  1. Buka Windows Explorer dengan kombinasi tombol Windows + E.
  2. Temukan lokasi file Microsoft Excel yang ingin Anda buka.
  3. Double klik file tersebut jika sudah ditemukan.
  4. File Excel yang pernah dibuat sebelumnya sudah terbuka di layar PC Anda.

Walaupun terlihat cepat, namun bukan tidak mungkin menjadi lama. Kenapa bisa lama? Karena kita lupa dimana lokasi folder penyimpanan file Excel yang ingin dibuka. Sehingga harus ke sana kemari melintasi berbagai folder untuk menemukannya.

Tapi ternyata, Microsoft Excel sudah memiliki solusi atas permasalahan tersebut. Pada Microsoft Excel versi terbaru, file-file yang sebelumnya pernah dikerjakan bisa terlihat daftarnya.

Caranya, buka aplikasi Microsoft Excel kemudian klik menu File. Nah, perhatikan pada bagian Recent. Di situlah daftar nama file yang belum lama dikerjakan atau dibuka. Sayang, jumlahnya terbatas namun sudah cukup membantu.

Baca juga: cara menggabungkan kolom di Excel

Sebenarnya ada satu cara lagi. Tetapi cara ini hanya bisa membuka file Excel yang belum lama dibuka saja. Tidak berlaku untuk file yang sudah lama tidak diakses.

Seperti biasa, buka Microsoft Excel terlebih dahulu. Kemudian klik kanan pada ikon Microsoft Excel yang ada di taskbar (ikon di bawah). Nah, di situ akan muncul beberapa file yang belum lama dibuka. Klik di salah satu file yang ingin Anda buka.

Jadi, itulah penjelasan singkat AneIqbal terkait bagaimana membuka kembali file Microsoft Excel yang pernah dibuat. Semoga bisa sedikit menambah wawasan Anda sekaligus menjawab pertanyaan.

Leave a Comment