Kelompok Bilangan Berikut yang Merupakan Ukuran Segitiga Lancip Adalah?

Kelompok bilangan berikut yang merupakan ukuran segitiga lancip adalah? 5,10,12 cm? 8,15,17 cm? atau 9,12,13 cm? Berikut adalah jawabannya. Jadi, pastikan Anda simak pembahasan AneIqbal berikut hingga akhir.

Kelompok bilangan yang merupakan ukuran segitiga lancip

Jika, Anda mendapat pertanyaan, kelompok bilangan yang merupakan ukuran segitiga lancip, dan ada beberapa opsi pilihan seperti 5 10 12 cm, 8 15 17 cm, 6 8 10 cm, dan 9 12 13 cm, maka jawabannya adalah 9 12 13 cm. Mengapa kelompok bilangan tersebut? Tentu ada penjelasan dibaliknya.

Sebelum membahas jawaban tersebut, ada baiknya kita mengetahui teorema pythagoras terlebih dahulu. Sebab, teorema inilah yang menjadi dasar atas jawaban tersebut.

Teorema pythagoras merupakan suatu kaidah yang menyatakan bahwa pada suatu segitiga siku-siku berlaku kuadrat sisi miring (hipotenusa) sama panjangnya dengan jumlah kuadrat sisi lainnya. Jika dipermisalkan, a dan b merupakan sisi kaki/lainnya, c merupakan sisi miringnya, maka notasinya adalah c² = a² + b².

Sampai sini apakah dapat dimengerti? Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan gambar segitiga siku-siku di bawah ini.

segitiga siku siku
gambar segitiga siku siku

Semakin terlihat jelas kan posisi masing-masing titiknya? Semakin jelas juga notasi pythagoras di atas.

Sisi miring (c) atau hipotenusa ini harus dicari panjangnya terlebih dahulu jika ingin menghitung keliling segitiga siku-siku. Biasanya, cukup banyak soal yang menanyakan panjang dari sisi miring tersebut berdasarkan panjang sisi a dan b.

Bagaimana dengan luasnya? Pada rumus luas segitiga siku-siku, panjang hipotenusa tidak diperlukan. Hanya sisi a dan b saja yang dimasukkan ke dalam rumus kemudian dikalikan satu per dua atau setengah.

Nah itulah sekilas tentang teorema pythagoras pada segitiga siku-siku beserta notasinya dimana c² = a² + b².

Selain untuk segitiga siku-siku, pythagoras juga dapat diaplikasikan pada segitiga lainnya dan hasilnya dapat menentukan jenis dari segitiga itu sendiri.

Jenis segitiga berdasarkan teorema pythagoras

  1. Segitiga siku-siku, jika kuadrat sisi miringnya sama dengan jumlah kuadrat sisi lainnya (c² = a² + b²).
  2. Segitiga lancip, jika kudrat sisi miringnya lebih kecil dari jumlah kuadrat sisi lainnya (c² < a² + b²).
  3. Segitiga tumpul, jika kuadrat sisi miringnya lebih besar dari jumlah kuadrat sisi lainnya (c² > a² + b²).

Setelah mendapatkan beberapa notasi di atas, sekarang kita masukkan angka-angka yang ada di soal ke dalam notasi rumus tersebut. Kita buktikan kombinasi 9 12 13 cm merupakan jawabannya.

c² … a² + b²
13² … 9² + 12²
169 … 81 + 144
169 … 225
169 < 225

Nah, terbukti kan jawabannya. kuadrat c (13) lebih kecil dari a dan b (9 dan 12) sehingga notasinya yaitu c² < a² + b². Notasi tersebut menyatakan bahwa jenis segitiganya adalah segitiga lancip.

Untuk pilihan kombinasi lainnya tidak menyatakan segitiga lancip. Ada yang segitiga siku-siku dan ada pula yang tumpul. Coba Anda hitung kembali jika penasaran dengan hasilnya.

Jadi, kesimpulannya, kelompok bilangan berikut yang merupakan ukuran segitiga lancip adalah 9 cm, 12 cm, dan 13 cm. Semoga penjelasan singkat di atas bisa sedikit menjawab rasa penasaran Anda.

Leave a Comment