Kecanduan Media Sosial? Inilah Ilustrasinya

Pernahkah Anda merasa seperti kecanduan media sosial? Atau mungkin Anda belum tahu bagaimana tampak seseorang jika ia kecanduan sosial media? Mungkin beberapa ilustrasi yang akan Anda lihat nanti bisa sedikit menjawab pertanyaan Anda.

Memang saat ini eranya sosial media, banyak situs maupun aplikasi mendukung pertemanan melalui dunia maya. Seiring berjalannya waktu, orang-orang lebih banyak dan lebih senang berkomunikasi melalui sosial media ketimbang secara langsung.

Sosial media sudah hampir menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Setiap hari, selalu membuka situs maupun aplikasi pertemanan.

Tiada hari tanpa sosial media. Akibatnya, timbullah kebiasan-kebiasan yang menjadi ciri khas pengguna sosial media atau dengan kata lain, ciri seseorang sudah kecanduan dengan sosial media. Berikut enam ilustrasi yang menggambarkan seseorang kecanduan sosial media yang berhasil AneIqbal rangkum.

Ilustrasi seseorang yang kecanduan bermedia sosial

1. Merasa jadi orang terkenal dengan total like, share, dsb

ilustrasi yang menggambarkan seseorang kecanduan sosial media

Ketika seseorang memposting sesuatu, baik foto, status, atau video ke sosial media dan mendapat banyak perhatian pengguna lain, orang itu akan merasa seperti orang terkenal. Banyaknya like, share, love, dan lain sebagainya menjadi sebuah patokan kalau dirinya populer di kalangan pengguna sosial media.

2. Doa Foto dulu sebelum makan

ilustrasi media sosial

Sekarang ini, sebelum menyantap hidangan, hidangan itu harus diabadikan terlebih dahulu, entah foto atau video lalu diunggah ke sosial media. Do’anya bagaimana? Nanti, makanannya difoto dulu ya.

3. Buka Facebook di device berbeda di waktu yang sama

ilustrasi sosial media

Facebook sudah terbuka melalui komputer atau laptop, tapi terkadang, masih membuka Facebook lagi melalui smartphone. Baik komputer atau laptop, maupun smartphone, keduanya membuka Facebook di waktu yang sama.

4. Gagal offline

ilustrasi tersebut menggambarkan

Saat hendak menutup sosial media dan tiba-tiba saja ada pesan yang masuk, entaran dulu deh offlinenya. Ya, rencana yang semula akan offline menjadi gagal.

5. Hapus posting jika tidak ada yang menanggapi

ilustrasi yang menggambarkan

Ketika memposting sebuah status, foto, atau video, dan tidak ada seorang pun yang menanggapi, postingan tersebut akan dihapus. Anda pernah melakukannya?

6. Tanda kecanduan media sosial terakhir: Ada orang datang, buka dokumen

ilustrasi media sosial

Saat tengah asyik dan menikmati bersosial media, lalu tiba-tiba ada orang yang lewat dan menghampiri untuk melihat, timbul rasa tidak nyaman. Akibatnya, berpura-pura melihat dokumen agar orang itu cepat pergi.

Itulah enam ilustrasi yang menggambarkan seseorang sudah kecanduan bersosial media. Setiap harinya tidak lepas dari jejaring sosial. Adakah ciri-ciri di atas dalam diri Anda? Anda sendiri yang bisa menjawabnya.

Leave a Comment