Home » Info » Sekolah » Contoh Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler [Download doc]

Contoh Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler [Download doc]

Kamu lagi butuh contoh formulir pendaftaran ekstrakurikuler sebagai referensi formulir pendaftaran ekskulmu? Tenang, kamu di tempat yang tepat. Di sini kamu akan lihat contoh formulir pendaftaran ekskulnya.

Seperti yang kita ketahui, pada masa awal memasuki SMP maupun SMA/SMK, entah itu kelas 7 maupun kelas 10, pasti ada sesi dimana para murid dianjurkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut.

Seingat kami dulu, saat hari terakhir masa orientasi siswa kakak-kakak kelas mendemonstrasikan kegiatan ekstrakurikuler. Mulai dari futsal, basket, karate, PMR, paskibra, dan masih banyak lagi.

Selesai demonstrasi dilakukan, ada salah satu perwakilan dari ekskul tersebut berdiri di hadapan kami dan menanyakan siapa yang tertarik dengan ekskulnya.

Kemudian, para siswa yang tertarik mengangkat tangannya sebagai tanda bahwa ia tertarik. Lalu, ada salah satu perwakilan lainnya dari ekskul tersebut yang memberikan sebuah formulir kepada siswa-siswa yang mengangkat tangan.

Formulir tersebut merupakan formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran tersebut tidak langsung dikumpulkan. Kami masih diberikan waktu untuk memikirkannya kembali sebelum mengisinya dengan mantap.

Kami tidak ingat pastinya seperti apa formulir pendaftaran ekstrakurikuler tersebut. Namun, kami telah melakukan riset dan menemukan beberapa contoh formulir pendaftaran ekskul sebagai referensi pembuatan formulir pendaftaran ekskul versi kami.

Contoh Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler

Secara umum, formulir pendaftaran ekstrakurikuler terdiri dari judul, data pribadi singkat siswa, pilihan ekskulnya dimana maksimal dua ekskul yang bisa diikuti, alasan mengikuti ekskul tersebut, dan tandatangan orang tua beserta siswa.

Maksimal dua ekskul yang bisa diikuti? Ya, benar. Walaupun banyak kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, tetapi siswa hanya diperbolehkan memilih maksimal dua ekskul.

Salah satu alasannya adalah agar siswa tetap dapat fokus pada kegiatan akademik atau kegiatan belajar di sekolah. Alasan lainnya adalah agar siswa bisa memaksimalkan kegiatan ekskul yang ia ikuti sehingga dapat memberikan dampak positif ke dirinya.

Nah, seperti apa ya contoh formulir pendaftaran ekskul ini? Berikut adalah gambarnya.

contoh formulir pendaftaran ekstrakurikuler
Contoh formulir pendaftaran ekstrakurikuler

Jika kamu cocok dengan formulir pendaftaran di atas dan ingin menggunakannya, silakan klik DOWNLOAD CONTOH FORMULIR PENDAFTARAN EKSKUL DOC untuk mendownloadnya ke laptop atau komputer kamu.

Contoh Formulir Pendaftaran Ekskul Pramuka, PMR, Futsal, dan Basket

Sebenarnya, satu formulir pendaftaran ekstrakurikuler di atas sudah bisa digunakan untuk semua ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Sebab, dalam formulir tersebut disertakan pilihan ekskul yang akan diikuti.

Jadi, tidak perlu masing-masing ekskul membuat formulir pendaftarannya sendiri, cukup dengan menggunakan formulir di atas pun sudah bisa. Walaupun, jika tetap ingin membuat versinya sendiri pun tak ada masalah.

Sekali lagi, contoh formulir pendaftaran ekskul di atas tidak terbatas pada ekstrakurikuler pramuka, PMR, futsal, dan basket saja ya. Melainkan bisa untuk semua ekskul.

Baca juga: Daftar Inventaris Kelas − Definisi dan Manfaat [Download doc/xls]

Penutup

Itulah pembahasan sekaligus cerita singkat mengenai masa-masa saat demonstrasi ekstrakurikuler dan formulir pendaftarannya. Mengikuti kegiatan ekskul sungguh menyenangkan rasanya.

Demikian pembahasan contoh formulir pendaftaran ekstrakurikuler kali ini. Semoga ada manfaat dibalik cerita dan pembahasan singkat di atas.

Share yuk, ke:

Leave a Comment