Home » Info » Sekolah » Cetak NUPTK? Begini Cara Terbarunya [Manual dan Online]

Cetak NUPTK? Begini Cara Terbarunya [Manual dan Online]

Mungkin masih ada di antara bapak/ibu GTK sekalian yang belum memiliki kartu fisik NUPTK. Berikut adalah bagaimana cara cetak NUPTK tersebut.

Sejauh riset yang kami lakukan, ada dua cara untuk cetak kartu NUPTK. Caranya, ada yang dilakukan secara manual, dengan kata lain offline. Lalu, cara lainnya adalah secara online dengan bantuan aplikasi.

Ohiya, sebagai tambahan info saja, NUPTK sendiri merupakan singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, yang terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap.

Dilansir dari gtk.data.kemdikbud.go.id, NUPTK adalah nomor induk bagi seorang guru atau tenaga kependidikan baik PNS maupun Non-PNS yang diberikan setelah memenuhi persyaratan maupun ketentuan sesuai surat Direktur Jenderal GTK.

Untuk apa sebenarnya NUPTK ini? NUPTK berfungsi sebagai nomor identitas resmi yang dapat dipergunakan untuk keperluan identifikasi dalam program maupun kegiatan guna meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan.

Apakah NUPTK ini ada kartunya? Ada, namun dalam bentuk virtual. Jika ingin memilikinya secara fisik, maka bapak/ibu GTK harus mencetaknya secara mandiri.

Nah, bagaimana cara mencetak kartu NUPTK? Silakan simak terus pembahasan ini hingga selesai.

Cara Cetak NUPTK Secara Manual

Mencetak manual di sini artinya bapak/ibu GTK melakukannya secara mandiri. Mulai dari download template kartu NUPTK, mengedit data dan foto sesuai dengan data diri, kemudian cetak kartu tersebut.

Aplikasi apa yang digunakan agar bisa mencetak secara manual? Cukup menggunakan aplikasi Microsoft Word saja. Mengapa? Karena template kartu NUPTK yang dipakai memiliki format docx.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Download template kartu NUPTK terlebih dahulu dengan mengklik DOWNLOAD TEMPLATE KARTU NUPTK.
  2. Setelah didownload, silakan buka file tersebut dengan aplikasi Microsoft Word.
  3. Silakan ganti fotonya dengan cara klik kanan lalu pilih Change Picture. Kemudian sesuaikan ukurannya.
  4. Selanjutnya, edit data diri sesuai dengan data bapak/ibu GTK sendiri.
  5. Simpan perubahan file tersebut dengan menekan tombol Ctrl+S.
  6. Cetak dengan menekan tombol Ctrl+P kemudian klik Print pada Microsoft Word.
  7. Gunting sesuai dengan ukuran kartu dan jadilah kartu NUPTK milik bapak/ibu GTK sendiri.

Kira-kira bagaimana menurut bapak/ibu GTK? Apakah langkah-langkah di atas dirasa menyulitkan? Silakan beri pendapat bapak/ibu GTK di kolom komentar.

Yang perlu diperhatikan pada cara di atas adalah saat mengganti foto dan mengisi data sendiri. Pastikan sekali lagi ukuran foto sudah presisi. Kemudian terkait data, hindari sampai salah mengisi data.

Cetak NUPTK Online Melalui OPS BUKAL

Apa itu OPS BUKAL? Sebenarnya, OPS BUKAL merupakan sebuah website yang dibuat oleh seorang kreatif. Dimana website tersebut memiliki fitur untuk mencetak NUPTK secara online.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka fitur cetak NUPTK online OPS BUKAL di alamat https://blog.opsbukal.my.id/2020/03/cetak-kartu-nuptk-versi-2.html
  2. Silakan scroll ke bawah hingga menemukan bagian CETAK KARTU NUPTK.
  3. Kemudian, isikan kolom-kolom yang tersedia, termasuk fotonya.
  4. Klik tombol Proses untuk mulai men-generate kartu virtual NUPTK. Kemudian tunggu sebentar.
  5. Klik Cetak Kartu untuk mereview kartunya.
  6. Klik ikon printer di pojok kanan atas untuk mencetaknya. Jika ingin mendownloadnya, klik ikon arah bawah.

Seperti apakah hasilnya? Silakan perhatikan gambar berikut ini.

cetak nuptk online ops bukal
Hasil dari cetak NUPTK online melalui OPS BUKAL

Sepertinya, cara kedua lebih mudah dilakukan ya? Karena tidak perlu mengedit foto dan mengganti data-data pribadi. Bagaimana menurut bapak/ibu GTK?

Penutup

NUPTK ini penting sekali bagi bapak/ibu GTK, seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi seperti apa fungsi dari NUPTK ini. Maka dari itu perlu diingat dan dijaga. Salah satu caranya adalah dengan mencetaknya dalam bentuk kartu.

Sebagai informasi tambahan, dilansir dari gtk.data.kemdikbud.go.id, NUPTK tidak akan berubah meskipun bapak/ibu GTK telah perpindah tempat mengajar, adanya perubahan riwayat status kepegawaian, dan atau terjadi perubahan data lainnya.

Itulah dua cara cetak NUPTK yang bisa bapak/ibu GTK coba praktikkan. Kami sangat berharap, panduan singkat di atas bisa sedikit membantu bapak/ibu GTK sekalian.

Share yuk, ke:

Leave a Comment