Home » Info » Desa » Peta Desa − Pengertian, Manfaat, dan Cara Melihatnya

Peta Desa − Pengertian, Manfaat, dan Cara Melihatnya

Peta desa bisa membantu kita mendapatkan gambaran kondisi desa. Apa saja manfaat lainnya? Bagaimana melihat peta suatu desa secara online? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Sebelum membahas manfaat dan bagaimana cara melihatnya secara online, ada baiknya kita ketahui dulu pengertian peta desa itu sendiri.

Pengertian Peta dan Peta Desa

Dalam peraturan perundang-undangan, belum ada pasal yang mendefinisikan peta desa. Hanya ada beberapa istilah, seperti batas desa, penetapan batas desa, penegasan batas desa, peta dasar, peta penetapan batas desa, dan peta batas desa.

Istilah-istilah tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa. Lantas, apa itu peta atau peta dasar?

Dalam Permendagri tersebut dijelaskan, bahwa peta dasar adalah peta yang menyajikan unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di permukaan bumi digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala, penomoran, proyeksi, dan georeferensi tertentu.

Menurut KBBI Daring, peta adalah gambar atau lukisan pada kertas dan sebagainya yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan sebagainya.

Jadi, jika boleh didefinisikan, peta desa adalah gambaran maupun lukisan pada suatu media datar yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan sebagainya dalam suatu wilayah tertentu.

Dilansir dari sedesa.id, peta desa adalah gambaran dari keseluruhan permukaan bumi baik keadaan alam, ekonomi, dan sosial budaya yang dibuat pada permukaan datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan diwakili simbol tertentu.

Manfaat-Manfaat adanya Peta Suatu Desa

Secara umum, peta desa bermanfaat untuk memberikan gambaran kondisi suatu wilayah di pedesaan tertentu, seperti ketinggian tanah, persebaran penduduk, dan lain sebagainya.

Namun, jika lebih ditelaah lagi, ternyata manfaat desa bisa beragam sekali tergantung pada siapa atau pelaku yang menggunakannya. Dalam hal ini, ada tiga, yakni penduduk, pengunjung, dan pemerintah desa.

Manfaat untuk Penduduk

  • Dapat memahami bagaimana kondisi wilayah dimana ia tinggal.
  • Dapat memahami wilayah mana saja yang berbahaya dan tidak.
  • Dapat memahami wilayah mana saja yang dapat ditanami tumbuhan dan tidak.
  • Dapat memahami wilayah mana saja yang berupa daratan, perairan, pegunungan, perbukitan, dan rawa.
  • Dapat memahami wilayah mana saja yang dapat dibuka lahan kembali dan tidak.

Manfaat untuk Pengunjung Desa

  • Sebagai petunjuk jalan agar tidak tersesat dan tetap berada di wilayah desa.
  • Sebagai informasi untuk dapat mengunjungi suatu daerah tertentu di wilayah desa.
  • Sebagai petunjuk untuk mengetahui posisi bangunan, gedung, atau objek penting tertentu yang ada di desa.

Manfaat untuk Pemerintah Desa

  • Sebagai database wilayah desa.
  • Sebagai petunjuk wilayah mana yang dapat dioptimalkan kembali untuk kesejahteraan desa, seperti destinasi wisata baru, pembukaan lahan untuk pertanian, pembukaan lahan untuk tempat tinggal, dan lain sebagainya.
  • Sebagai petunjuk wilayah mana saja yang berpotensi terjadi bencana alam dan musibah lainnya.
  • Sebagai petunjuk wilayah mana saja yang dapat digunakan untuk proses evakuasi dan daerah aman.
  • Sebagai dasar pengambilan keputusan dan kebijakan.

Cara Melihat Peta Desa Secara Online

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini melihat peta desa sudah dapat dilakukan secara online dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Google Maps. Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? Rasanya, hampir seluruh manusia yang ada di muka bumi mengenal aplikasi Google Maps.

Untuk melihat peta desa melalui Google Maps, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Google Maps melalui HP Anda. Jika belum ada, silakan install terlebih dahulu melalui Google Play Store. Google Maps juga dapat dibuka di laptop melalui link https://www.google.com/maps.
  2. Setelah aplikasi Gmaps terbuka, silakan ketik nama desanya di kotak pencarian yang tersedia. Ketikkan nama desa ditambah dengan “regency” di belakangnya.
  3. Google Maps akan menampilkan wilayah desa tersebut.

    cara melihat peta desa
    Melihat desa “Kulon Progo regency” melalui aplikasi Google Maps

Cara melihat peta suatu desa lewat Google Maps sangat mudah bukan? Selain Gmaps, ada pula aplikasi resmi yang dirilis oleh pemerintah Indonesia, yakni gis-portal.kemendesa.go.id dan geoservices.big.go.id.

Baca juga: Web Desa − Manfaat, Contoh Terbaik, dan Cara Membuatnya

Penutup

Itulah pembahasan terkait peta suatu desa, yang meliputi:

  1. pengertian desa dan peta desa itu sendiri;
  2. manfaat-manfaatnya untuk penduduk, pengunjung, dan pemerintah desa; dan
  3. bagaimana cara melihatnya dengan aplikasi Google Maps.

Demikian pembahasan kali ini mengenai peta desa. Semoga pembahasan di atas bisa memberikan satu-dua manfaat untuk Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment