Home » Info » Desa » Contoh Proposal Kegiatan Desa Beserta Strukturnya

Contoh Proposal Kegiatan Desa Beserta Strukturnya

Contoh proposal kegiatan desa memang dibutuhkan ketika kita ingin menyusun proposal untuk diajukan. Tujuannya, agar proposalnya tidak salah.

Kan pasti rasanya capek ya kalau sudah mengeluarkan energi dan meluangkan waktu cukup lama untuk membuat proposal kegiatan desa, tetapi ternyata ada yang salah karena disusun tanpa mengikuti contoh yang ada.

Kira-kira seperti apa ya bentuk dari proposal kegiatan desa? Bagaimana struktur proposalnya? Berikut pembahasan selengkapnya.

Proposal Kegiatan Desa

Sebelum membahas contohnya, mungkin ada baiknya kita pahami dulu apa itu proposal kegiatan desa.

Pada dasarnya, menurut KBBI Daring, proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Berarti, proposal kegiatan adalah rancangan kerja suatu kegiatan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan proposal kegiatan desa? Proposal kegiatan desa adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja untuk menyelenggarakan suatu kegiatan di desa.

Kemudian muncul pertanyaan, mengapa suatu kegiatan desa perlu dibuatkan proposal? Padahal, sederhananya, cukup bentuk panitia pelaksananya kemudian laksanakan di hari H.

Bisa tidak sesederhana itu dan ada tujuannya.

Tujuan Dibuatnya Proposal Kegiatan

Secara umum, ada beberapa tujuan mengapa proposal juga dibutuhkan ketika ingin menyelenggarakan kegiatan desa. Di antaranya, yaitu:

  1. Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban panitia pelaksana.
  2. Sebagai acuan atau landasan untuk pengalokasian dana bantuan tertentu.
  3. Sebagai bentuk promosi kegiatan desa untuk mendapatkan dana sponsor.

Penyelenggaraan suatu kegiatan di desa tentu tidak terlepas dari yang namanya dana atau uang. Pasti butuh uang untuk mendorong lancarnya suatu kegiatan.

Dana tersebut nantinya dimanfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya, menyewa alat sound system, tenda, kursi, ongkos tukang, hadiah-hadiah, dan lain sebagainya.

Intinya, dana dimanfaatkan untuk meningkatkan dan melancarkan kesuksesan kegiatan tersebut. Itulah pentingnya proposal kegiatan desa.

Nah, seperti apa ya struktur dari proposalnya?

Baca juga: 10 Contoh SK Kepala Desa [DOWNLOAD doc dan pdf]

Struktur Proposal Kegiatan Desa

Dalam penyusunan proposal kegiatan desa tentu tidak bisa dilakukan secara sembarang. Ada struktur yang perlu diikuti agar proposal kegiatan tersebut terlihat formal atau tidak terlihat seperti dibuat-buat.

Secara umum, struktur proposal kegiatan desa terdiri dari:

  1. Cover atau halaman depan.
  2. Kata pengantar.
  3. Latar belakang.
  4. Nama kegiatan.
  5. Maksud dan tujuan kegiatan.
  6. Susunan kepanitiaan.
  7. Waktu dan tempat.
  8. Bentuk kegiatan.
  9. Susunan acara.
  10. Estimasi biaya.
  11. Kriteria sponsorship (jika ada).
  12. Penutup.

Berdasarkan bentuk struktur di atas, banyaknya halaman proposalnya mungkin berkisar antara 5 hingga 10 halaman. Tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Contoh Proposal Kegiatan Desa yang Baik dan Benar

Kita sudah membahas maksud dan tujuan proposal kegiatan desa serta bentuk strukturnya. Nah, sekarang kita akan coba lihat bersama-sama seperti apa contoh proposal kegiatan desa sesuai dengan struktur di atas.

Itulah salah satu contoh proposal kegiatan di desa yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI. Proposal di atas bersumber dari densel.denpasarkota.go.id.

Bagaimana menurut Anda setelah melihat proposal kegiatan desa di atas? Sudah cukup jelas untuk mendapatkan gambaran proposal kegiatan yang akan Anda susun?

Baca juga: 12 Contoh SPJ Desa Terbaru [Download Excel]

Penutup

Itulah pembahasan terkait proposal kegiatan desa, yang meliputi:

  1. definisi atau pengertian proposal kegiatan desa;
  2. tujuan disusunnya proposal kegiatan;
  3. bagaimana bentuk struktur proposal kegiatan desa; dan
  4. salah satu contoh proposal kegiatan di desa.

Sekian pembahasan contoh proposal kegiatan desa dan topik terkait lainnya. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment