Fungsi Utama Program Microsoft Excel adalah Suatu Aplikasi yang Berfungsi untuk?

Fungsi utama program Microsoft Excel adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk? Mengolah kata? Mengolah angka? Manakah jawaban yang tepat? Simak pembahasan AneIqbal berikut sampai akhir.

Pertanyaan tersebut memiliki lima opsi jawaban yang bisa dipilih. Untuk opsi jawabannya antara lain; mengolah kata, mengolah angka, mengelola dokumen, berkomunikasi, dan mencari informasi. Menurut Anda, manakah jawaban yang paling tepat di antara semuanya?

Fungsi utama program Microsoft Excel

Pada dasarnya, aplikasi Microsoft Excel berfungsi untuk melakukan pengolahan data berupa angka. Banyak sekali fitur yang disediakan untuk membantu penggunanya melakukan berbagai jenis perhitungan dan pengolahan angka.

Beberapa contoh fungsi dasarnya yaitu melakukan operasi aritmatika (penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian), menjumlahkan banyak data sekaligus, mencari rata-rata suatu kumpulan data, menemukan nilai maksimal, dan mendapatkan nilai minimal.

Salah satu contoh study case yang pernah kami buat sebelumnya yaitu cara mencari ranking di Excel. Silakan klik untuk melihat bagaimana langkah-langkahnya. Kami juga pernah membahas bagaimana cara membuat rupiah di Excel.

Semuanya tidak terlepas dari angka dan selalu tentang angka. Excel ini seperti sebuah kalkulator namun dengan fungsi dan kegunaan yang jauh lebih kompleks dan luas.

Sebab, ia juga bisa mengolah data berupa teks lho, seperti menggabungkan kata, mengganti suatu kata dengan kata yang lain, menghitung panjang huruf, dan masih banyak lagi. Microsoft Excel memang begitu powerfull untuk sebuah aplikasi dengan penggunaannya yang mudah.

Microsoft Excel dapat diinstal pada komputer atau laptop berbasis Windows dan macOS. Sayangnya, hingga saat tulisan ini dibuat, Microsoft Excel belum tersedia untuk pengguna OS Linux. Perlu aplikasi tambahan untuk bisa menjalankannya di sana.

Kita sudah membahas fungsi utama dari aplikasi Excel. Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan Microsoft Excel

  1. Aplikasi pengolah angka yang sangat powerfull yang mudah dipakai.
  2. Daya tampung aplikasi ini sangat besar dengan kapasitas maksimal 1 juta baris dan 16 ribu kolom dalam satu sheetnya. Sementara dalam satu workbook bisa memiliki banyak sheet.
  3. Tersedia beragam jenis formula/fungsi yang dapat membantu pengolahan angka mulai dari yang mudah hingga kompleks.
  4. Membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan lebih efektif.
  5. Menjadi standar untuk sebuah file/dokumen berupa laporan angka karena digunakan oleh mayoritas orang di seluruh dunia.

Kekurangan Microsoft Excel

  1. Tidak bisa digunakan secara gratis karena merupakan aplikasi berbayar dengan harga yang cukup mahal untuk kalangan pelajar.
  2. Membutuhkan spesifikasi laptop yang cukup mumpuni jika ingin mengolah data dalam jumlah besar dan perhitungan yang kompleks. Spesifikasi rekomendasi laptop gaming sudah sangat cukup untuk menjalankannya.
  3. Cukup butuh waktu untuk mempelajari formula-formulanya.

Jadi, kesimpulannya, fungsi utama program Microsoft Excel adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengolah angka. Itulah jawabannya dan opsi jawaban yang lain kurang tepat.

Sampai sini selesai pembahasan terkait fungsi utama Microsoft Excel. Semoga penjelasan singkat di atas bisa menjawab pertanyaan Anda.

Leave a Comment