Ekstensi Dokumen yang Dihasilkan oleh Program Microsoft Excel 2010 Adalah?

Ekstensi dokumen yang dihasilkan oleh program Microsoft Excel 2010 adalah? Apakah xls, ppt, xlsx, doc, atau exe? Berikut jawaban lengkapnya. Jadi, pastikan Anda simak pembahasan berikut sampai akhir untuk mendapatkan jawaban beserta sedikit penjelasannya.

Ekstensi dokumen yang dihasilkan oleh program Microsoft Excel 2010

Jawabannya, yaitu xlsx, bukan xls. Kedua ekstensi dokumen tersebut benar merupakan hasil dari program Microsoft Excel. Namun, ada sedikit perbedaan.

Ekstensi .xlsx merupakan ekstensi terbaru yang dihasilkan oleh aplikasi Microsoft Excel terbaru. Mulai dari versi 2007 hingga versi sekarang ini, 365 atau 2019, menghasilkan ekstensi tersebut pada filenya jika disimpan.

Sementara untuk ekstensi .xls dihasilkan oleh Microsoft Excel versi lama. Contohnya, Office 2003 dan Office 1997.

Ketika menggunakan Excel terbaru mulai dari 2007 ke atas, file dengan ekstensi .xlsx dan .xls dapat dibuka dengan lancar. Semua berjalan normal dan apa adanya sesuai data yang disimpan.

Sementara itu, jika menggunakan Excel versi lama seperti Excel 2003, ektensi file .xls dapat dibuka dengan baik. Namun untuk versi .xlsx juga dapat dibuka tetapi terkadang ada saja masalah yang terjadi dan ini disebabkan oleh kurangnya kompatibilitas/kesesuaian antara versi aplikasi dengan versi ekstensi.

Logika sederhananya, Excel terbaru bisa membuka file dengan ekstensi terbaru maupun lama. Sementara untuk Excel lama bisa membuka file lama namun belum tentu bisa lancar membuka file dengan ekstensi terbaru. Ini tidak berlaku di Excel saja, melainkan di seluruh aplikasi Office.

Bagaimana dengan opsi jawaban yang lainnya? Jelas, semuanya bukan ekstensi file yang dihasilkan oleh Excel. Ekstensi ppt dihasilkan oleh PowerPoint, ekstensi doc dihasilkan oleh Word, dan ekstensi exe dihasilkan oleh Visual Basic.

Baca juga: cara menggabungkan kolom di Excel

Ohiya, jika menggunakan Microsoft Excel terbaru, mulai dari 2007 ke atas, Anda bisa menyimpan file Excel dengan ekstensi lain. Misalnya, secara default ekstensinya adalah .xlsx. Nah, Anda bisa menggantinya dengan .xls atau mungkin .csv. Ekstensi file dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana caranya? Mudah sekali. Siapkan sebuah file atau dokumennya kemudian pilih File lalu Save As. Selanjutnya, berikan nama filenya di kolom yang tersedia. Di bawah kolom tersebut, Anda bisa memilih ekstensi file yang diinginkan.

Jadi, kesimpulannya, ekstensi dokumen yang dihasilkan oleh program Microsoft Excel 2010 adalah .xlsx. Itulah jawabannya sehingga abaikan pilihan lainnya.

Sekian pembahasan AneIqbal kali ini dan terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga penjelasan singkat tersebut bisa sedikit menambah wawasan Anda.

Leave a Comment