Rekomendasi Cara Download Video IG Termudah

Tahukah Anda bahwa ada cara untuk download video IG tanpa menggunakan sebuah aplikasi? Maksudnya adalah, Anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun baik di PC maupun smartphone untuk mendownload sebuah video dari feed Instagram. Apakah benar bisa? Tentu sangat bisa!

Seperti yang Anda ketahui, Instagram masih sangat menjadi favorit bagi banyak orang di hampir seluruh belahan dunia. Walaupun ada sosial media lain yang cukup melejit pertumbuhannya, namun Instagram juga turut berkembang mengupdate fitur-fiturnya untuk para penggunanya. Sehingga, konten-konten yang ada di Instagram masih sangat menarik untuk dinikmati saat bersosial media di sana.

Tidak jarang, banyak foto maupun video di Instagram cukup menarik untuk disimpan menjadi bentuk file di PC maupun smartphone. Sehingga, foto maupun video tersebut bisa dilihat kembali secara offline ataupun digunakan sebagai referensi tambahan pembuatan konten dan tentu dengan mencantumkan sumbernya.

Nah, sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mendownload konten dari Instagram. Tapi mungkin hal itu tidak praktis menurut sebagian orang karena harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu di smartphone ataupun PC mereka. Walaupun proses install aplikasi sebenarnya tidak rumit, namun tetap saja ada effort yang perlu dikeluarkan untuknya.

Lebih praktis kalau bisa langsung mendownload video Instagram tanpa bantuan aplikasi yang harus diinstall. Prosesnya jadi lebih sederhana dan cepat. Nah, bagaimana caranya? Simak berikut cara download video IG termudah tanpa aplikasi yang perlu diinstall.

Cara download video IG tanpa aplikasi secara ringkas

  1. Buka aplikasi web browser favorit Anda.
  2. Buka alamat https://bigbangram.com/id/content/instagram-downloader/instagram-video-downloader/.
  3. Buka Instagram lalu copy link salah satu content.
  4. Buka bigbangram (link di atas) kembali lalu pastekan link tersebut di kolom yang tersedia.
  5. Klik tombol Unduh.
  6. Selesai. Video dari Instagram berhasil didownload.

Itu panduan ringkasnya. Jika Anda masih merasa kebingungan, jangan khawatir. Berikut panduan yang lebih detailnya.

Step by step cara download video Instagram tanpa aplikasi

Pertama, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi web browser di laptop maupun HP Anda. Umumnya sudah tersedia tanpa perlu menginstalnya. Tapi lebih direkomendasikan jika Anda menggunakan web browser Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Kedua, jalankan atau buka aplikasi web browser tersebut. Kemudian ketikkan atau copy-paste pada address bar link berikut: https://bigbangram.com/id/content/instagram-downloader/instagram-video-downloader/. Setelah terbuka, Anda akan melihat halaman Pengunduh Video Instagram. Kemudian biarkan saja halaman ini dan jangan ditutup.

Ketiga, buka Instagram Anda. Lalu pilih video IG yang ingin didownload. Jika sudah ketemu, copy link content tersebut dengan cara mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas lalu pilih Copy Link. Setelah diklik akan ada notifikasi bahwa link sudah tercopy.

Cara Download Video IG Termudah 1
Klik icon tiga titik di pojok kiri atas

Keempat, buka kembali web browser Anda tadi yang sedang membuka halaman Pengunduh Video Instagram. Lalu pastekan link content IG yang sudah tercopy tadi pada kolom yang tersedia.

Cara Download Video IG Termudah 2
Paste link video IG pada kolom yang tersedia

Kelima, pastikan link sudah terpaste dengan benar, tidak typo akibat tersenggol, dan lain sebagainya. Jika sudah, klik tombol UNDUH untuk mendownload video tersebut. Proses pengecekan link akan berlangsung dan Anda akan melihat screenshot dari video tersebut beserta link download baru.

Cara Download Video IG Termudah 4
Klik UNDUH

Keenam, klik tombol UNDUH pada screenshot video yang muncul. Di sinilah proses download video IG akan berlangsung. Seberapa cepat downloadnya itu tergantung dari kualitas koneksi jaringan Anda. Jika bagus, maka tentu proses download menjadi cepat. Begitu juga sebaliknya.

Ketujuh, cek langsung video tadi setelah proses download selesai. Umumnya, file video hasil downloadan tadi tersimpan di folder Download. Namun, mungkin saja akan berbeda jika menggunakan web browser yang berbeda juga. Cek apakah videonya bisa diputar atau tidak namun seharusnya bisa langsung diputar tanpa ada masalah.

Selamat! Anda berhasil mendownload video dari Instagram tanpa perlu menginstal dan menggunakan aplikasi tambahan di PC maupun smartphone. Benar, cara di atas bisa diterapkan dengan baik di kedua perangkat tersebut. Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan aplikasi apa yang mudah dan cocok di tiap perangkatnya.

Kenapa bisa pusing? Karena banyaknya pilihan aplikasi yang tersedia di kedua perangkat tersebut. Tentu setiap aplikasi punya cara pengoperasiannya masing-masing untuk mendownload konten dari Instagram.

Untuk PC ada aplikasi A,B,C, dan D. Sementara untuk smartphone ada aplikasi X,Y,dan Z. Waktunya akan habis untuk memilih aplikasi mana yang akan digunakan. Kalau pakai cara di atas, tidak perlu pusing lagi akan hal tersebut.

FAQ seputar cara download video Instagram tanpa aplikasi tambahan

Apakah cara download video IG di atas itu tanpa biaya alias gratis?

Benar sekali. Dengan cara di atas, Anda bisa mendownload video dari IG dengan gratis tanpa biaya apapun. Cukup copy-pastekan link video dari Instagram saja Anda bisa dengan mudah mendapatkan file video tersebut.

Apakah benar bisa digunakan di komputer dan smartphone?

Ini juga benar sekali. Pengunduh Video Instagram di atas bisa diakses dengan baik di laptop maupun smartphone. Secara tampilan juga tidak ada masalah dan cukup user friendly. Tidak banyak pernak-pernik dan hanya menampilkan apa yang diperlukan saja.

Apakah Pengunduh Video Instagram di atas bisa diakses kapanpun?

Sudah pastinya Anda bisa mengakses Pengunduh Video Instagram di atas kapanpun dan dimanapun Anda mau serta di perangkat apapun. Semua fleksibel sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebih praktis lagi jika Anda membookmark link halamannya.

Apakah ada jumlah batasan video yang bisa didownload?

Tidak ada batasan jumlah download video. Semua kembali lagi tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan banyak video Instagram, Anda bisa dengan bebas mendownloadnya sebanyak apapun selama link content videonya tidak bermasalah. Ohiya, pastikan juga koneksi jaringan internet yang Anda gunakan aman dan lancar jaya seperti jalan tol.

Beberapa contoh aplikasi download video Instagram di HP

Jika memang Anda masih tertarik untuk mendownload video di Instagram dengan menggunakan aplikasi, berikut ada beberapa aplikasi yang bisa Anda coba.

Repost for Instagram – Regrann

Aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk merepost dan mendownload video di Instagram. Menariknya aplikasi ini adalah adanya fitur setting watermark yang bisa diubah sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa menjadwalkan postingan video Instagram di akun milik Anda.

Quick Save for Instagram

Aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan memori di smartphonenya. Sebab, ukuran aplikasinya cukup kecil dengan ukuran tidak lebih dari 10 MB. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk merepost dan mendownload video Instagram. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat mengcopy caption dari content yang ada di Instagram.

Sudah cukup panjang pembahasan kali ini tentang download video IG baik tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Juga sempat dibahas beberapa FAQ seputar cara download video Instagram tanpa aplikasi tambahan yang sangat mudah diterapkan.

Salah satu keunggulan lain cara download video dari Instagram tanpa aplikasi adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan berapa ruang memori yang tersedia di PC maupun smartphone. Semoga panduan sekaligus rekomendasi ini bisa membantu Anda dalam mengumpulkan berbagai video referensi dari Instagram.

Leave a Comment