Wisata Air Terjun Curug Seribu Gunung Bunder Bogor

Postingan AneIqbal kali ini akan menceritakan pengalaman kami mengunjungi tempat wisata Curug Seribu Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat. Simak cerita pengalaman kami berikut ini.

Curug Seribu Gunung Bunder Bogor

Kamis, 24 Desember 2015 kami dan kawan-kawan bertolak dari Jakarta menuju salah satu tempat wisata di Kabupaten Bogor, yaitu Gunung Bunder yang termasuk dalam Kawasan Wisata Gunung Salak Endah.

Di kawasan wisata ini terdapat lebih dari satu curug. Namun, curug yang kita tuju adalah Curug Seribu.

Curug Seribu terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jarak dari Kota Bogor ke Curug Seribu lebih kurang 45 km.

Curug ini memiliki ketinggian air lebih kurang 100 meter dengan debit air yang cukup besar. Airnya jernih dan dingin.

Kita bisa berenang juga disini tapi tetap harus hati-hati karena ada perbedaan kedalaman. Jangan lupa siapkan baju gantinya ya!

Perjalanan

Kami membagi 3 tahap perjalanan menuju ke Curug Seribu ini.

Tahap pertama, dimulai dari Kota Bogor sampai ke Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Berjarak lebih kurang 40 km dan dapat ditempuh dengan sepeda, sepeda motor atahupun mobil.

Tahap kedua, dimulai dari Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah sampai ke pintu masuk Curug Seribu. Berjarak lebih kurang 4 km dan dapat ditempuh dengan sepeda, sepeda motor atahupun mobil.

Kita harus hati-hati mengendarai kendaraan karena jalan dihiasi dengan lubang-lubang dan batu-batu. Setelah melalui ini, kendaraan harus diparkir karena tahap selanjutnya hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Tahap ketiga, dimulai dari pintu masuk Curug Seribu sampai ke Curug Seribu. Berjarak lebih kurang 1 km dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Kondisi jalan menuju curug curam dan licin. Meskipun ada beberapa jalan yang dilengkapi dengan pembatas/pegangan, kita harus tetap hati-hati.

Biaya-biayanya

Biaya yang kami dan pengunjung lain keluarkan yaitu sebesar Rp 25.000/motor saat masuk ke Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah.

Untuk mobil kami tidak tahu pastinya. Kemudian saat tiba di pintu masuk curug dikenakan biaya Rp 7.500/orang. Biaya parkirnya kami lupa.

Himbauan

Kalau punya asma dan gangguan jantung dianjurkan tidak memaksakan diri untuk turun ke curug ini. Karena kondisi jalan yang curam dan jarak yang cukup jauh.

Sekitar 30 sampai 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki dari pintu masuk curug sampai ke lokasi curug.

Foto-Foto Curug Seribu

Sayangnya, kami tidak banyak mengabadikan momen-momen saat di sana. Hanya ada beberapa foto saja. Namun setidaknya sudah cukup menggambarkan bagaimana bentuk dan rupa dari Curug Seribu ini.

curug seribu gunung bunder bogor
Foto Curug Seribu
curug seribu bogor
Foto Curug Seribu, Bogor
curug seribu gunung sari bogor jawa barat
Batuan yang ada di sekitar Curug Seribu
himbauan di perjalan
Himbauan saat menuju Curug Bunder

Bagaimana menurut Anda setelah melihat foto-foto di atas? Curug Seribu ini cukup memanjakan mata bukan? Suasana di sana pun terasa segar dan menyenangkan.

Sekian cerita kami kali ini mengenai Curug Seribu Gunung Bunder ini. Semoga ada satu dua hal dari cerita kami yang bisa diambil manfaatnya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Leave a Comment