Home » Coding » Tutorial PHP » Cara Setting Environment Codeigniter 3

Cara Setting Environment Codeigniter 3

Sebelum membuat aplikasi dengan framework CI, ada hal yang perlu dipersiapkan. Apa saja? Berikut cara setting environment CodeIgniter 3 yang umumnya AneIqbal lakukan.

Cara Setting Environment Codeigniter 3

1. Mengatur autoload libraries database dan session

Sebuah aplikasi web pasti memerlukan tempat menyimpan data. Data dapat disimpan ke dalam database ataupun ke dalam session. Codeigniter menyediakan library database dan session. Agar tidak memanggil library ini di setiap controller, maka cukup ubah pada bagian autoload[‘libraries’] dan isi dengan database dan session.

cara setting environment codeigniter 3 database
setting autoload database dan session

2. Mengatur autoload helper url

Codeigniter menyediakan fungsi base_url(), yaitu untuk memanggil url aplikasi codeigniter. Agar fungsi tersebut dapat berjalan, ubah pada bagian autoload[‘helper’] dan isi dengan url.

cara setting environment codeigniter 3 helper
setting autoload helper

3. Mengatur config base_url

Dengan base_url() kita dapat memanggil url aplikasi kita secara dinamis. Maksudnya, kita tidak perlu mengetik (misal) http://localhost:2021/login-multiuser di dalam aplikasi yang kita buat, tapi cukup dengan fungsi base_url(). Jika ada perubahan folder aplikasi, maka cukup ubah bagian ini.

Bayangkan, jika kita tidak menggunakan base_url() tapi mengetik url secara harcode kemudian ada perubahan nama folder, maka kita harus mengubahnya satu persatu!

cara setting environment codeigniter 3 base url
setting config base url

4. Mengatur database yang digunakan

Bagian ini untuk mengatur database mana yang digunakan.

aneiqbalcom_setting_config_database
setting koneksi database

5. Mengatur default controller dan error 404

Kita dapat mengatur controller mana yang akan dipanggil terlebih dahulu saat aplikasi dijalankan dengan mengisi bagian $route[‘default_controller’] dengan nama controllernya.

Kita juga dapat mengatur controller untuk membuat halaman error 404 dengan mengisi bagian $route[‘404_override’] dengan nama controllernya.

aneiqbalcom_setting_routes_default_controller
setting halaman 404

Itulah beberapa hal pengaturan dasar yang umumnya kami lakukan tiap kali ingin membangun aplikasi maupun website dengan framework CodeIgniter. Tentu Anda tidak perlu saklek atau sama persis mengikutinya sebab mungkin Anda punya versi setting tersendiri.

Jika dirasa ada yang kurang atau ingin Anda tambahkan, silakan tuliskan saja di kolom komentar. Tambahan maupun masukkan tentu bisa menambah insight bagi kami maupun pembaca.

Sekian panduan singkat cara setting environment CodeIgniter 3 ini. Semoga bisa ada manfaatnya untuk Anda. Demikian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Share yuk, ke:

Leave a Comment