Home » Coding » Tutorial PHP » Cara Mengatasi 404 Page Not Found pada Codeigniter

Cara Mengatasi 404 Page Not Found pada Codeigniter

Cara mengatasi 404 page not found pada CodeIgniter ini sebenarnya sangat mudah. Namun, masalah 404 ini bikin pusing tujuh keliling. Mengapa?

Karena semua bisa berjalan dengan normal, tidak ada typo ataupun eror, namun tiba-tiba menjadi 404 not found setelah diupload ke live server atau hosting. Ini merupakan pengalaman AneIqbal sendiri ketika mendevelop sebuah aplikasi dengan framework CodeIgniter.

Awal kisah, Kami membuat aplikasi web sederhana menggunakan Framework CI. Biasanya, CI yang Kami pakai untuk development adalah versi 2. Namun kali ini, Kami mencoba versi terbarunya, yaitu versi 3.

Setelah selesai developing di server lokal atau localhost, Kami upload aplikasi web itu ke live server. Selama developing di server lokal tak masalah, semua berjalan lancar.

Namun setelah di upload ke live server dan lalu diakses, yang terjadi adalah 404 Page Not Found. Waduh, kenapa ini?

Mengatasi Eror 404 Codeigniter Pada Live Server

Kami gugling dari satu blog ke blog yang lain. Mencari bola naga ke tujuh, eh maksudnya mencari cara mengatasi masalahnya. Dan akhirnya, i got it! You want to know?

Ternyata, permasalahannya sederhana namun kurang diperhatikan. Masalahnya yaitu capital nama file phpnya.

Windows menganggap Home.php dan home.php adalah sebuah nama file yang sama. Sementara di keluarga linux itu menjadi dua file yang berbeda.

Kok Windows dan Linux? Iya, umumnya kita semua merupakan pengguna OS Windows. Kita mendevelop aplikasi di localhost dengan OS Windows. Sementara liver server atau hosting, umumnya menggunakan OS keluarga Linux.

Lalu, bagaimana teknis atau cara mengatasi 404 page not found pada Codeigniter? Silakan lihat video singkat berikut.

Nah selesai cerita Kami. Cerita tentang mengatasi eror 404 codeigniter pada saat setelah di upload ke live server atau dalam bahasa inggris itu how to resolve eror 404 codeigniter on live server.

Demikian panduan cara mengatasi 404 page not found page CodeIgniter. Semoga bisa membantu Anda. Sekian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Share yuk, ke:

Leave a Comment