Home » Coding » Tutorial PHP » Membuat Halaman 404 Codeigniter

Membuat Halaman 404 Codeigniter

Framework Codeigniter menyediakan tampilan untuk halaman 404 namun kurang menarik. Nah, kita bisa membuat halaman 404 CodeIgniter sendiri.

Selain tampilan halaman 404 bawaan kurang menarik, tampilannya juga sangat menggambarkan framework yang digunakan pada website atau aplikasi web tersebut. Tentu jika dilihat dari segi keamanan ini menjadi nilai minus.

Teman-teman developer web yang biasa menggunakan CodeIgniter pasti sudah mengetahui seperti apa tampilan 404 bawaan. Kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

404 codeigniter
404 codeigniter bawaan

Halaman 404 ini akan muncul jika kita mencoba mengakses controller atau method namun controller atau method tersebut ternyata tidak ada didalam aplikasi web.

Halaman 404 ini bisa kita ubah sesuai dengan keinginan kita, Codeigniter juga sudah menyiapkan “ruangnya”. Bagaimana caranya? Silakan simak panduan AneIqbal berikut sampai akhir ya.

Cara membuat halaman 404 CodeIgniter sendiri

Persiapan membuat halaman 404 codeigniter

Sebelum membuat halaman 404 sendiri, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan.

Pertama, sudah pasti, sebuah laptop atau komputer, untuk mengeksekusi dan asumsi kami laptop atau komputernya sudah ada XAMPP.

Kedua, Framework Codeigniternya. Jika belum punya, Anda bisa download dulu di http://www.codeigniter.com. Codeigniter yang kami pake untuk praktik ini adalah Codeigniter versi terbaru saat ini atau versi 3.

Terakhir, segelas kopi, teh, atau air putih dan cemilan. Ya, yang terakhir itu selera masing-masing. Setelah siap semua, kita masuk ke dalam Codeigniternya.

Mengubah default controller

Untuk membuat halaman 404 sendiri, kita perlu mengatur default controllernya. Ya, seperti yang kami bilang di awal, Codeigniter sudah menyiapkan ruangnya.

Jadi kita ubah bagian ini agar halaman 404 yang ditampilkan adalah halaman 404 yang kita buat. Lihat gambar dibawah ini.

membuat halaman 404 codeigniter
Mengganti default controller untuk halaman 404

Bagian yang diubah ada pada $route[‘404_override’] = ”. Secara default, setelah sama dengan (=) itu tidak ada isinya alias kosong.

Jadi pada gambar itu, kami memberi nama controller e404 untuk halaman 404. File yang diubah adalah file routes.php. Lokasi filenya ada di /application/config/.

Membuat controller e404

Kenapa controllernya e404? karena kita mengatur default controller 404nya pada file routes.php dengan nama itu. Jadi harus sama.
Di controller ini, kami hanya melempar data untuk title di halaman 404. Title ini yang akan dipanggil oleh file tampilan 404. Codingannya Anda bisa lihat gambar berikut.

404 codeigniter
controller e404

Membuat view halaman 404

Controller 404 sudah dibuat, selanjutnya yang dibuat adalah viewnya. Nama file viewnya disesuaikan dengan fungsi $this->load->view(); pada controller tadi. kami buat file view dengan nama e404.php karena yang kami panggil pada fungsi $this->load->view(); di controller E404 adalah e404.

view halaman
view halaman 404

Gambar diatas berisi codingan kami untuk halaman 404 sendiri. kami memakai Bootstrap dengan tema yang sudah dibuat oleh Bootswatch.com. Sampai sini selesai sudah cara membuat halaman 404 sendiri.

halaman custom
halaman custom 404 codeigniter

Nah gambar diatas adalah hasil halaman 404 yang kami buat sendiri. Anda bisa membuatnya yang lebih ciamik.

Ya, sesuai dengan yang Anda mau. Dengan begini, bisa menyamarkan framework apa yang kita gunakan.

Sekian panduan singkat bagaimana cara membuat halaman 404 CodeIgniter versi sendiri. Demikian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Share yuk, ke:

Leave a Comment