Home » Cara » Microsoft Word » Cara Membuat Heading Style di Word

Cara Membuat Heading Style di Word

Sebelum Anda berkutat dengan skripsi atau mungkin tugas laporan, ada baiknya Anda mempelajari bagaimana cara membuat heading style di Word. Supaya dokumen yang dibuat menjadi lebih rapi dan sesuai standar. Simak panduan AneIqbal berikut sampai akhir.

Sesuai dengan namanya, heading style ini dimaksudkan untuk membuat judul sehingga ada perbedaan antara teks judul dengan isi paragraf. Heading style ini bisa disimpan formatnya. Jadi bisa digunakan untuk heading yang lainnya dan tidak perlu memberi judul satu per satu.

Langkah-langkah membuat heading style di Word

1. Siapkan dokumen Wordnya

Silakan siapkan sebuah dokumen Word yang isinya masih berupa teks/paragraf biasa. Jika ingin membuat file dokumen baru juga tidak mengapa. Untuk versi Wordnya, silakan gunakan yang ada.

2. Tuliskan daftar judul-judul

Selanjutnya, persiapkan list yang ingin dijadikan judul. Jika Anda sudah membuatnya, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya. Berikut contoh daftar-daftarnya.

cara membuat heading di word
Daftar yang ingin dibuat menjadi judul

3. Membuat format heading style

Setelah daftar judulnya sudah disiapkan, selanjutnya kita akan membuat format heading stylenya. Caranya, letakkan kursor di salah satu calon judul. Kemudian, arahkan mouse ke menu Styles yang ada di atas dan pilih Heading 1. Hasilnya, calon judul tadi sudah menggunakan format heading style.

membuat judul artikel pada microsoft word
Format heading style

4. Mengubah format heading 1

Setelah memberikan efek heading style, selanjutnya yaitu mengubah format tersebut menjadi sesuai standar yang dibutuhkan. Misalnya seperti menggunakan font Times New Roman, ukuran font 14px, dan capital semua. Hasilnya, heading style tadi sudah berubah sesuai dengan kebutuhan.

membuat judul di word
format heading style sesuai standar

5. Simpan heading style terbaru

Untuk menyimpan format heading style yang sesuai dengan kebutuhan tadi, caranya yaitu klik kanan pada Heading 1 (bagian Styles di atas) kemudian klik Update Heading 1 to Match Selection. Tujuannya disimpan adalah untuk memudahkan kita memberikan format heading style sesuai standar ini pada calon judul lainnya.

6. Ubah semua calon judul dengan heading style terbaru

Setelah kita memiliki format heading style sesuai standar dan sudah disimpan, kita bisa mengaplikasikannya pada calon judul lainnya. Caranya pun mudah. Cukup letakkan kursor atau blok calon judulnya kemudian pilih Heading 1. Berikut hasil perubahannya.

cara membuat heading di word
Berhasil diubah dengan format heading style terbaru

Jika Anda membutuhkan judul dengan format dua baris, maka Anda cukup dengan menekan tombol SHIFT+ENTER setelah meletakkan kursor di antara bab dengan nama babnya. Hasil akhirnya akan menjadi seperti berikut.

Judul dengan 2 baris
Judul dengan 2 baris

Cukup mudah bukan untuk membuat heading style atau judul di Microsoft Word ini? Jika Anda menggunakan versi Word yang tidak sama seperti pada panduan ini, caranya kurang lebih sama pada intinya.

Selanjutnya, silakan lihat juga panduan cara membuat halaman otomatis dan cara membedakan halaman di Word ini jika dirasa Anda sedang membutuhkannya juga.

Demikian pembahasan cara membuat heading style di Word ini dan semoga bisa diikuti dengan mudah. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bisa membantu Anda.

Share yuk, ke:

Leave a Comment