Home » Cara » Blogging » Cara Membuat Artikel di Blogger

Cara Membuat Artikel di Blogger

Panduan AneIqbal kali ini yaitu terkait bagaimana cara membuat artikel di blogger. Panduan akan dijelaskan lengkap dengan gambar. Jadi, silakan simak panduan ini sampai akhir supaya bisa mendapat pemahaman secara utuh.

Ingat ya, yang kita bahas kali ini adalah membuat artikel di blog dengan platform Blogger. Bukan di platform lain dan mungkin akan dibahas juga kedepannya untuk platform lain.

Cara membuat artikel blog itu sangat mudah. Nggak ribet dan nggak bikin pusing. Yang bikin pusing adalah ide menulisnya. Mau buat artikel apa.

Langsung saja, berikut panduan bagaimana cara menulis artikel di platform blogger.

Cara membuat artikel di blogger

1. Login ke Blogger.com

Jangan bilang Anda belum punya blog di Blogger?! Atau malah.. belum punya email Gmail?!

Bahasan kita kali ini adalah cara membuat artikel blog di platform Blogger. Blogger loh.. bukan WordPress atau yang lain.

Tapi kalau belum buat blog di Blogger, Anda mesti buat dulu blognya. Ini tutorial cara membuat blog di Blogger. Klik aja.

Syarat untuk bisa membuat blog di Blogger adalah memiliki akun Gmail. Sudah punya? Kalau belum, silakan buat dulu dengan mengikuti panduan cara membuat email di gmail ini.

So, sekarang kami anggap Anda sudah punya blog di Blogger ya. Lalu, silakan login ke Bloggernya. Dan kita akan melihat tampilan seperti ini setelah login.

cara menulis artikel di blog
Halaman postingan blogger

Secara langsung kita diarahkan ke menu Postingan. Halaman Postingan ini adalah halaman yang pertama kali kita lihat setelah berhasil login Blogger.

Anda akan melihat beberapa menu lainnya di sebelah kiri layar. Menu yang aktif atau menu yang sedang kita buka, ditandai dengan warna oranye.

Seperti menu Postingan di atas. Berwarna oranye. Karena halamannya sedang kita buka. Selainnya berwarna abu-abu. Kita lanjut ke tahap berikutnya.

2. Buka halaman entri tulisan atau postingan

Yang harus kita lakukan setelah login adalah membuka halaman entri tulisan atau postingan. Di halaman tersebut kita akan mulai berketik-ketik ria bersama keyboard. Gimana cara mengakses halamannya?

Caranya, dari halaman yang kita buka sekarang atau halaman Postingan, Anda akan melihat tombol berwarna oranye bertuliskan Entri baru. Silakan klik tombol tersebut.

Ada cari lain selain cara di atas. Cara lainnya adalah dengan mengklik link Buat postingan baru. Posisinya nggak jauh dari tombol Entri baru.

Dan Anda akan diarahkan ke halaman entri tulisan. Kayak gini gaes.

cara buat artikel di blog

3. Mulai nulis gaes

Ketika halaman entri sudah terbuka di hadapan kita gaes, maka selanjutnya adalah kita harus mulai menulis.

Yang pertama kali di tulis adalah Judul postingan gaes. Posisinya ada di paling atas. Jangan sampe lupa nggak ditulis ya.

cara menulis artikel blog
Masukkan judul postingan

Setelah beri judul postingan, selanjutnya mulai nulis artikelnya gaes di kotak putih besar di bawah Toolbar.

Toolbar ini mirip yang ada di Microsoft Word, untuk setting huruf/paragraf dan penambahan konten berupa image dan video.

cara membuat artikel blog
Toolbar blogger

Lalu di bagian kanan ada Setelan entri. Di bagian ini, saat ini fokus pada 3 hal aja gaes, yaitu: Label, Tautan permanen, dan Deskripsi Penelusuran.

Secara default atau bawaan dari Bloggernya, Deskripsi Penelusuran itu nggak ada di Setelah entri ini gaes. Dia harus kita aktifkan dulu baru kemudian muncul di Setelan entri.

Caranya mengaktifkannya gampang. Silakan lihat cara mengaktifkan deskripsi penelusuran ini untuk panduan lengkapnya.

deskripsi penelusuran
Deskripsi Penelusuran yang sudah diaktifkan

Label untuk kategori artikelnya. Tautan permanen adalah link untuk akses artikelnya. Bisa kita isi sendiri & bisa otomatis tergenerate setelah kita mengisi Judul postingan.

Lalu Deskripsi Penelusuran, gunanya adalah untuk menampilkan sebagian informasi dari artikel ketika link artikel dipreview di platform lain. Misalnya di Google Search dan Facebook.

preview meta description
Preview deskripsi penelusuran

Nggak cuma di Google Search dan Facebook aja sih. Semua platform atau media lain juga akan menampilkan Deskripsi Penelusuran sesuai dengan yang kita isi.

Catetan gaes. Ada juga platform/media yang memang sengaja tidak menampilkan. Jadi, jangan bingung atau panik ketika nggak tampil.

Deskripsi Penulusuran ini penting banget buat diisi gaes. Jangan sampai kosong dan jangan sembarang isi. Kenapa? untuk SEO gaes. Search Engine Optimization.

Selanjutnya kotak besar putih yang ada di bawah. Ini adalah tempat kita mengetik segala macam huruf dan kata gaes. Tempat artikel disusun.

Di tempat postingan, kita bisa tambah gambar, video, link, quote, list, dan masih ada yang lainnya. Gunanya untuk membuat postingan kita semakin menarik.

Masa iya, postingan isinya cuma teks aja semuanya. Nggak ada gambar sama sekali. Kemungkinan kecil banget dibaca pengunjung yang mampir ke blog. Kurang menarik gaes.

Ohiya, selama kita terus mengetik dan menambah jumlah kata postingannya, Blogger otomatis nyimpan gaes. Tau dari mana kalau Blogger menyimpan perubahan isi postingan kita?

Di pojok kanan atas, ada tombol abu-abu muda berlabel Simpan. Kalau Blogger lagi proses simpan, maka dia akan berubah labelnya menjadi Menyimpan….

Menyimpan postingan
Postingan otomatis tersimpan

Sampai sini, kita sudah selesai membuat sebuah postingan. Kalau masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk nulis di kolom komentar ya. Kita lanjut ke tahap selanjutnya.

4. Publish Postingannya gaes

Setelah postingan selesai kita buat, selanjutnya adalah mempublikasikannya. Tujuannya supaya postingan yang kita buat, bisa diakses dan dibaca orang banyak. Caranya publishnya gampang.

Masih ingat dengan tombol Simpan yang berubah menjadi Menyimpan…? Di sebelah kanannya, ada 2 tombol, yakni Pratinjau dan Tutup. Di sebelah kirinya ada tombol oranye Publikasikan.

Untuk mempublikasikan postingan, klik tombol oranye Publikasikan. Blogger otomatis meng-online-kan postingan kita.

Setelah posting, kita dialihkan ke menu Posting. Dan akan terlihat ada penambahan sub menu Semua dan Diterbitkan. Angka di sampingnya merupakan total postingannya.

Menu Postingan masih memiliki 1 menu lagi yang belum terlihat, yakni sub menu Draf. Draf merupakan kondisi dimana postingan belum dipublish alias masih tersimpan.

Untuk melihat postingan yang telah kita publikasi, caranya adalah dengan mengklik tombol Lihat yang berada tepat di bawah judul postingan yang telah terbit. Dan kita akan diarahkan ke tab baru.

postingan blogger publish
Artikel berhasil dipublish

5. Selesai..

Selamat! Anda telah berhasil membuat artikel di Blogger. Nggak susah kan? Kalaupun sulit, mungkin hanya belum terbiasa saja. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ya.

Share yuk, ke:

Leave a Comment