Home » Cara » Bank Mandiri » Cara Melihat Bukti Transfer Mandiri Mobile (Mandiri Online)

Cara Melihat Bukti Transfer Mandiri Mobile (Mandiri Online)

Lupa untuk mengcapture bukti transfer mandiri online dan tidak tahu caranya? Silakan simak cara melihat bukti transfer mandiri mobile ini untuk mengetahui caranya.

Bukti transfer bisa menjadi bukti kuat bahwa seseorang benar telah mentransfer sejumlah uang kepada seseorang yang dituju melalui nomor rekening. Sehingga sudah menjadi hal yang wajar seseorang menanyakan bukti transfer setelah melakukan transaksi.

Jika Anda lupa untuk menyimpan atau mengcapture bukti transfer, Anda masih dapat membukanya kembali melalui menu yang ada. Jadi, jangan risau dan galau. Berikut AneIqbal sajikan bagaimana langkah-langkahnya.

Panduan cara melihat bukti transfer mandiri mobile

  1. Buka aplikasi Mandiri Online kemudian login.
  2. Klik ikon user yang ada di pojok kiri atas sampai terbuka bilah menu.
  3. Kemudian klik menu Status Transaksi.
  4. Pilih periode transaksinya, menunya (transfer ke rekening mandiri), dan statusnya (berhasil).
  5. Klik di salah satu transaksi yang ingin Anda lihat bukti transfernya pada Daftar Status Transaksi yang muncul.
  6. Anda akan melihat bukti transfer mandiri mobile.

Sangat mudahkan caranya? Cukup tap-tap beberapa kali saja Anda akan melihat bukti transfer mandiri online yang Anda butuhkan. Silakan simpan atau capture bukti transfer tersebut lalu kirim ke orang yang membutuhkannya.

Baca juga: Cara Melihat Bukti Transfer Mandiri Syariah Mobile (BSI)

Jika Anda masih merasa bingung dengan panduan singkat di atas, kami akan jelaskan juga langkah-langkah di atas lengkap dengan gambar pendukungnya. Jadi, silakan simak panduan berikut sampai akhir.

Langkah lengkap cara melihat bukti transfer mandiri online

1. Silakan buka aplikasi Mandiri Online di HP Anda. Kemudian login dengan username dan password akun Anda. Setelah login berhasil, Anda pasti akan melihat halaman dashboard.

2. Dari halaman dashboard di atas, klik ikon user yang ada di pojok kiri atas untuk membuka bilah menu mandiri online. Ada banyak menu yang tersedia di sana.

cara melihat bukti transfer mandiri mobile 2
Tampilan dashboard dan bilah menu yang muncul

3. Klik pada menu Status Transaksi. Setelah itu, pilih periode tanggal yang Anda inginkan, pilih menunya, pilih nomor rekeningnya, dan pilih status transaksinya. Kemudian klik tombol CARI untuk mencari transaksi yang Anda butuhkan bukti transfernya.

cara melihat bukti transfer mandiri mobile 3
Isian menu Status Transaksi

4. Setelah itu Anda akan melihat tampilan Daftar Status Transaksi. Di sini Anda akan melihat beberapa transaksi yang pernah Anda lakukan.

cara melihat bukti transfer mandiri mobile 4
Daftar Status Transaksi

5. Klik di salah satu transaksi yang Anda butuhkan bukti transfernya. Setelah itu, Anda akan melihat bukti transfernya. Silakan simpan atau capture untuk mendapatkan bukti transfernya.

cara melihat bukti transfer mandiri mobile 5
Bukti transfer mandiri mobile

Selesai! Anda berhasil mengamankan bukti transfernya dan siap dikirim ke orang yang membutuhkan. Mudah sekali kan caranya?

Dalam bukti transfer tertera nominal uang yang dikirim, waktu transfernya, dan rekening yang dituju. Informasi demikian sudah cukup lengkap sebagai bukti valid adanya transaksi yang dilakukan.

Walaupun demikian, ada saja orang tak bertanggung jawab yang sangat niat sekali untuk memalsukannya. Padahal, secara logika, memalsukan bukti transfer sangatlah sulit. Ia harus tahu jenis font yang digunakan, logo, warna, dan pernak pernik lainnya.

Ciri-ciri bukti transfer palsu

  1. Logo banknya tidak sesuai dan terkesan aneh ukurannya.
  2. Jenis font yang digunakan dan ukurannya berbeda.
  3. Tidak ada watermark bank tersebut (jika format aslinya ada).
  4. Informasi yang ditampilkan sesuai format dan lengkap.
  5. Berbeda dari bukti transfer yang lainnya jika dibandingkan dengan bank yang sama.

Kalau Anda sudah terbiasa melihat bukti transfer mandiri online ataupun bank lainnya, Anda pasti akan menyadari jika ada yang berbeda. Perbedaannya pun mungkin cukup kentara tergantung dari skill design si pemalsu.

Jadi seperti itulah bagaimana cara melihat bukti transfer mandiri mobile. Semoga Anda tidak bingung lagi jika ditanya bukti transfernya karena lupa mengirim.

Share yuk, ke:

Leave a Comment