Home » Cara » Aplikasi » Cara Install File deb di Ubuntu

Cara Install File deb di Ubuntu

Jika Anda baru mulai menggunakan sistem operasi Ubuntu, maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara install file deb di Ubuntu. Simak panduan AneIqbal berikut.

Ubuntu memiliki ekstensi file .deb untuk file program. Berbeda dengan Windows yang memiliki ekstensi file .exe. Cara menjalankan file .deb pun berbeda dengan .exe. Tidak double click lalu next-next saja.

Untuk menjalankan file .deb atau menginstall program tersebut, gunakan terminal. Buka terminal dengan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T kemudian ketik:

sudo dpkg -i nama_file.deb

Itu adalah syntax dasarnya. Bagaimana contoh langsungnya? Misalnya, kita ingin menginstall aplikasi TeamViewer di Ubuntu dan sudah memiliki file installer teamviewer_linux.deb. Maka yang diketik di terminal menjadi seperti ini:

sudo dpkg -i teamviewer_linux.deb

Sesuaikan dengan nama filenya dan tidak boleh ada typo. Sebab jika typo atau kurang ketik, maka proses install tidak akan bisa berjalan.

Setelah mengetikkan syntax di atas dan menekan tombol Enter, proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Anda akan melihat pergerakan huruf pada terminal. Jika sudah selesai, aplikasi tersebut sudah bisa digunakan.

cara install file deb di ubuntu 10
Aplikasi TeamViewer berhasil diinstall

Bagaimana menurut Anda? Cara install file deb di Ubuntu cukup mudah bukan? Mungkin di awal-awal pemakaian sistem operasi Ubuntu Anda akan merasa sulit dan repot karena harus mengetik terlebih dahulu untuk menginstall sebuah aplikasi.

Namun, seiring berjalannya waktu, justru hal itu akan menjadi sesuatu yang asyik dan seru dibanding hanya next next saja. Mungkin Anda bisa praktikkan kembali dengan menginstall aplikasi lain di Ubuntu.

Sekian panduan singkat kali ini dan semoga bisa membantu Anda. Demikian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Share yuk, ke:

Leave a Comment