Cara Screenshot Laptop Windows 10 yang Wajib Anda Tahu

Penting sekali mengetahui sekaligus menguasai cara screenshot laptop Windows 10. Karena akan membantu proses dalam bekerja. Pekerjaan akan terasa lebih mudah dan cepat.

Screenshot layar terkadang memang dibutuhkan untuk mendokumentasi ataupun kebutuhan konten. Gambar yang dicapture sesuai dengan apa yang ada di layar.

Windows 10 menyediakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pengambilan screenshot layar laptop. Bisa melalui aplikasi bawaan. Bisa juga dengan menekan kombinasi tombol keyboard.

Menguasai semua caranya bagus dan tidak ada salahnya. Tetapi, Anda bisa memilih mana yang dirasa bisa lebih cepat dalam membantumu bekerja.

Bagaimana ya caranya? Apakah sulit sekali untuk dicoba? Apakah benar akan memudahkan atau malah merepotkan dan memakan waktu? Simak berikut penjelasan AneIqbal dengan masing-masing caranya.

Cara screenshot laptop windows 10 dengan aplikasi bawaan

Windows 10 menyediakan aplikasi bawaan yang bisa dipakai untuk melakukan screenshot layar laptop. Aplikasinya adalah Snip & Sketch dan juga Snipping Tool.

Snip & Sketch merupakan aplikasi pembaruan dari Snipping Tool di Windows 10. Peran Snipping Tool akan diambil alih oleh Snip & Sketch. Sampai saat artikel ini dibuat, Snipping Tool masih bisa digunakan di Windows 10.

Snip & Sketch

snip & sketch windows 10
Snip & Sketch
  1. Klik tombol Windows atau Start.
  2. Kemudian ketikkan “snip” dan akan muncul rekomendasi aplikasinya.
  3. Klik Snip & Sketch.
  4. Klik New.
  5. Kemudian pilih/seleksi area yang ingin discreenshot dengan mendrag kursor mouse.
  6. Jika sudah menyeleksi areanya, lepas drag mouse. Snip & Sketch akan menampilkan preview seleksinya.
  7. Klik ikon disket/hardisk untuk menyimpan file screenshot dengan beragam format (.jpg, .png, dll).
  8. Jika screenshot masih belum sesuai dengan yang dimau, klik New.

Snip & Sketch juga bisa diakses menggunakan kombinasi tombol. Tombol yang ditekan adalah Windows+Shift+S.

Snipping Tool

cara screenshot windows 10 tanpa aplikasi
Snipping Tool
  1. Klik tombol Windows atau Start.
  2. Kemudian ketikkan juga keyword “snip” dan akan muncul bersamaan dengan Snip & Sketch.
  3. Klik Snipping Tool.
  4. Klik New.
  5. Seleksi area yang ingin dicapture dengan mendrag kursor mouse. Lepas drag mouse jika sudah selesai menyeleksi. Snipping Tool akan menampilkan previewnya.
  6. Klik ikon disket/hardisk untuk menyimpan hasil screenshot dengan berbagai format.
  7. Jika hasilnya dirasa masih kurang, klik New untuk mulai menyeleksi area screenshot kembali.

Caranya kurang lebih sama antara Snip & Sketch dan Snipping Tool. Karena seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, Snip & Sketch merupakan pembaruan dari Snipping Tool. Sehingga tidak mengubah cara pemakaiannya.

Tombol print screen

Tombol print screen pada setiap laptop bisa berbeda-beda singkatannya. Ada yang PrtSc, ada prt sc sysrq, dan lain sebagainya.

Tombol ini digunakan untuk mengambil screenshot layar secara keseluruhan dengan sekali klik saja. Namun, ada beberapa laptop juga yang harus menekan tombol Fn juga agar print screen dapat berjalan.

Setelah menekan tombol print screen, hasil screenshot yang ditangkap masih tersimpan dalam clipboard. Sehingga harus dipaste-kan dulu ke aplikasi Paint dengan menekan tombol Ctrl+V.

Kemudian simpan gambarnya dengan berbagai format yang Anda butuh. Tentukan juga lokasi folder penyimpanannya.

cara mengambil screenshot di laptop windows 10
Simpan file screenshot

Ada cara agar hasil screenshot print screen langsung tersimpan dalam bentuk file. Jadi, Anda tidak perlu membuka Paint lalu harus save filenya.

Caranya dengan menekan kombinasi tombol Windows+PrcSc (tombol print screen). Ketika dipencet, layar akan berkedip. File hasil screenshotnya ada pada folder Pictures dengan folder Screenshot.

cara screenshot di laptop windows 10
Folder hasil screenshot

Sebenarnya, cara screenshot dengan tombol print screen tidak hanya berlaku di Windows 10 saja. Pada Windows versi terdahulunya juga tetap berjalan dan caranya pun sama.

Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kelemahan. Tinggal tentukan kapan saat screenshot menggunakan aplikasi dan kapan menekan tombol print screen.

Menggunakan aplikasi bisa menyeleksi area yang ingin kita screenshot. Namun harus menjalankan aplikasinya dulu.

Mengambil screenshot dengan tombol print screen terasa lebih cepat karena cukup menekan tombol satu kali saja. Namun, hasil screenshot terpampang jelas dan perlu edit kembali bila ada sesuatu yang tidak ingin ditampilkan.

Demikian panduan cara mengambil screenshot di laptop windows 10. Silakan lihat juga panduan cara membuat qr code maps, cara dm twitter, dan cara menggunakan turbo vpn jika dirasa Anda membutuhkannya juga.

Jadi begitulah cara screenshot di laptop windows 10. Kini, Anda tahu bagaimana cara snipping tool di windows 10 dan snip & sketch windows 10. Anda pun tahu cara melihat hasil screenshotnya.

Leave a Comment